Health

10 Tips Memilih Mie Instan Sehat tanpa Mengorbankan Cita Rasa

0
×

10 Tips Memilih Mie Instan Sehat tanpa Mengorbankan Cita Rasa

Sebarkan artikel ini
Tips Memilih Mie Instan Sehat (Freepik)
Tips Memilih Mie Instan Sehat (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai 10 tips memilih mie instan sehat dari memperhatikan kandungan nutrisi hingga memilih mie dengan bumbu alami.

Mie instan telah menjadi makanan praktis dan lezat yang mendominasi dunia kuliner cepat saji. Mie instan adalah makanan yang terdiri dari mie yang dikeringkan dan bumbu yang dikemas dalam suatu wadah.

Mie instan biasanya dimasak dengan menambahkan air panas ke dalam wadah tersebut, kemudian menutupnya selama beberapa menit sebelum siap untuk dikonsumsi.

Proses yang praktis dan mudah dalam pembuatan mie instan membuat kebanyakan orang cenderung lebih sering mengonsumsi mie instan. Namun, hal ini seringkali membuat kebanyakan orang lupa untuk mempertimbangkan dampak kesehatan dari pemilihan makanan.

Memilih mie instan yang sehat tidak hanya tentang nutrisi, tetapi juga tentang rasa dan kualitas. Lalu, bagaimana cara memilih mie instan yang baik untuk kesehatan tanpa mengorbankan cita rasa? Berikut tipsnya :

  1. Baca Label Nutrisi

Perhatikan informasi tentang jumlah kalori, lemak jenuh, sodium, karbohidrat, serat, dan protein. Pilihlah varian yang memiliki kandungan nutrisi seimbang.

  1. Perhatikan Jumlah Sodium

Kandungan natrium (sodium) adalah salah satu faktor penting dalam mie instan. Usahakan memilih varian yang memiliki jumlah sodium yang lebih rendah. Konsumsi natrium berlebih dapat berdampak buruk pada tekanan darah dan kesehatan jantung.

  1. Cari Kandungan Serat

Meskipun jarang ditemukan pada mie instan, ada beberapa varian yang mengandung serat. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dan meningkatkan rasa kenyang.

  1. Pilih Varian Berbahan Dasar Gandum Utuh

Beberapa merek mie instan kini menawarkan varian yang terbuat dari gandum utuh. Gandum utuh lebih kaya serat dan nutrisi daripada tepung terigu putih biasa.

  1. Hindari Penggunaan MSG Berlebih

Monosodium glutamate (MSG) adalah zat tambahan yang sering digunakan untuk meningkatkan rasa pada mie instan. Meskipun dianggap aman oleh badan regulasi makanan, beberapa orang mungkin lebih baik menghindari konsumsi MSG secara berlebihan.