EdukasiNews

5 Kegiatan MPLS yang Menarik dan Inspiratif Mengacu pada Tujuan MPLS Tingkat SMA/MA/SMK

0
×

5 Kegiatan MPLS yang Menarik dan Inspiratif Mengacu pada Tujuan MPLS Tingkat SMA/MA/SMK

Sebarkan artikel ini
Contoh Kegiatan MPLS SMA (SMAN 1 Cikarang Barat)
Contoh Kegiatan MPLS SMA (SMAN 1 Cikarang Barat)

Amazenesia.com – Artikel ini berisi tentang Contoh Kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk SMA/MA/SMK Tahun 2023 yang berdasarkan pada karakterisik siswa SMA dan tujuan dari MPLS.

MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan salah satu wujud perkembangan reformasi di dunia pendidikan. Sebelum itu, pengenalan lingkungan sekolah untuk siswa siswi baru dikenal dengan MOS atau Masa Orientasi Siswa.

MOS atau Masa Orientasi Siswa yang identik dengan perpeloncoan dan hal-hal yang kurang edukatif membuat siswa siswi baru tidak dapat memaknai dengan baik maksud dari pengenalan lingkungan sekolah tersebut. Akibatnya, timbul stigma negatif tentang momen pertama kali masuk sekolah yang seharusnya diisi dengan hal-hal yang meninggalkan kesan baik.

Berangkat dari hal tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016, Anies Baswedan melalui Peraturan Menteri dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 membuat jaminan bagi para siswa siswi baru dalam melewati masa pengenalan lingkungan sekolah dengan hal-hal yang edukatif tanpa adanya perpeloncoan dan sejenisnya.

MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah menjadi momen bagi para siswa siswi baru untuk mengenal berbagai hal tentang lingkungan sekolah mulai dari guru-guru, fasilitas dan sarana prasarana, metode belajar dan banyak lagi lainnya.

Tahun ajaran  baru 2023/2024 dijadwalkan akan mulai pada 17 Juli 2023, maka diperkirakan MPLS akan berlangsung selama 3 hari dari mulainya hari pertama tahun ajaran baru 2023/2024.

Untuk MPLS tingkat SMA/MA/SMK yang pesertanya merupakan siswa siswi baru dengan kategori remaja usia sekitar 16 tahun, dinilai memiliki karakteristik yang lebih matang dalam hal mental dan perilaku serta tidak terlalu tertarik untuk melakukan hal-hal yang banyak membutuhkan aktivitas gerak.

Berikut contoh kegiatan MPLS untuk tingkat SMA/MA/SMK yang juga mengacu pada tujuan MPLS :

  1. Mengenali potensi diri siswa baru

Contoh kegiatan MPLS : Mengisi formulir atau biodata yang berisi tentang informasi siswa siswi baru. Melalui formulir ini juga dapat dilihat gambaran dari potensi diri siswa siswi baru.

  1. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekitar

Contoh kegiatan MPLS : Memperkenalkan berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang ada di sekolah dengan cara berkumpul di aula lalu mempresentasikan semua hal yang berkaitan dengan sekolah tersebut, termasuk berkenalan dengan guru-guru dan jajaran staff sekolah lainnya.

  1. Menumbuhkan semangat dan cara belajar efektif bagi siswa baru

Contoh kegiatan MPLS : Menyajikan pengalaman inspiratif dari siswa siswi yang pernah memperoleh prestasi di sekolah tersebut, kemudian perlombaan-perlombaan yang pernah diadakan oleh sekolah, serta kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang dapat diikuti oleh siswa siswi baru nantinya.

  1. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya

Contoh kegiatan MPLS : Melaksanakan FGD atau diskusi tanya jawab dengan guru-guru atau panitia MPLS, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti PENSI atau pentas seni yang melibatkan siswa siswi baru dan warga sekolah lainnya.

  1. Menumbuhkan perilaku positif

Contoh kegiatan MPLS : Anak SMA yang masuk dalam kategori remaja cenderung memiliki kepribadian cuek dan kurang memiliki ketertarikan dengan lingkungan. Pada kegiatan MPLS, pihak sekolah dapat memberikan presentasi mengenai pentingnya senyum, salam dan sapa di lingkungan sekolah, serta sikap saling peduli dan mau bekerjasama dalam banyak hal.