LifestyleNews

5 Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Di Indonesia

9
×

5 Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Di Indonesia (Amazenesia/Freepik)
Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah Di Indonesia (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut ini 5 Kuliner Khas Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia, dari Barongko hingga Bongko Kopyor.

Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan keistimewaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain menjalankan ibadah puasa, umat Islam juga memiliki tradisi khas untuk berbuka puasa dan sahur.

Tradisi ini tentu berbeda-beda di setiap daerah, tergantung pada budaya, adat, dan bahan makanan yang tersedia. Indonesia, sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, memiliki beragam kuliner khas Ramadan yang menggugah selera.

Kuliner khas Ramadan adalah makanan atau minuman yang biasanya disajikan atau dikonsumsi saat berbuka puasa atau sahur. Kuliner khas Ramadan biasanya memiliki rasa manis, gurih, atau pedas, sesuai dengan selera masyarakat setempat.

Kuliner khas Ramadan juga biasanya memiliki nilai gizi yang tinggi, agar dapat memberikan energi dan stamina bagi tubuh yang berpuasa serta memiliki nilai sejarah, budaya, atau religi yang melekat, sehingga menjadi bagian dari identitas masyarakat.

Kuliner khas Ramadan di Indonesia sangat beragam dan bervariasi, sesuai dengan keragaman daerah, suku, dan adat istiadat yang ada. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas Ramadan yang unik dan lezat, yang menjadi ciri khas dan kebanggaan masyarakatnya.

Beberapa kuliner khas Ramadan di Indonesia bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara, dan menjadi daya tarik wisata kuliner bagi para pengunjung.

Berikut ini adalah 5 kuliner khas Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia:

  1. Barongko – Makassar, Sulawesi Selatan

Barongko adalah kuliner khas Ramadan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Barongko adalah sejenis kue basah yang terbuat dari campuran pisang, telur, santan, gula, dan garam, yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Barongko memiliki tekstur yang lembut, rasa yang manis-gurih, dan aroma yang khas. Barongko biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau takjil berbuka puasa. Barongko juga merupakan kuliner khas Bugis-Makassar yang sudah ada sejak zaman kerajaan Gowa-Tallo.

  1. Bubur Kanji Rumbi – Aceh

Bubur kanji rumbi adalah kuliner khas Ramadan yang berasal dari Aceh. Bubur kanji rumbi adalah sejenis bubur yang terbuat dari tepung beras yang direbus dengan air, gula, dan garam, yang kemudian ditambahkan dengan santan, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan jahe.