Edukasi

6 Langkah Memulai Shifting Career, Eksplorasi Penelitian hingga Personal Branding

1
×

6 Langkah Memulai Shifting Career, Eksplorasi Penelitian hingga Personal Branding

Sebarkan artikel ini
Langkah Memulai Shifting Karir (Freepik)
Langkah Memulai Shifting Karir (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai 6 langkah memulai shifting career, dari eksplorasi penelitian hingga personal branding.

Pergeseran karir telah menjadi tren yang semakin umum di era dinamis ini. Perubahan dalam teknologi, ekonomi, dan tren bisnis sering kali mendorong individu untuk mengeksplorasi peluang baru di luar bidang pekerjaan mereka saat ini. Pergeseran karir dalam bidang pekerjaan sering juga disebut dengan shifting career.

Shifting career telah menjadi suatu keharusan di dunia kerja modern. Perubahan teknologi dan transformasi digital telah merubah lanskap bisnis secara dramatis. Pekerjaan yang sebelumnya stabil sekarang dapat terancam oleh otomatisasi atau perkembangan baru. Inilah mengapa keterampilan yang relevan dan berkelanjutan menjadi sangat penting.

Dalam dunia yang terus berubah, shifting career adalah langkah berani menuju perkembangan profesional yang berkelanjutan.

Berikut 6 langkah memulai shifting career :

  1. Eksplorasi dan Penelitian

Langkah pertama dalam shifting career adalah melakukan eksplorasi mendalam tentang bidang yang ingin  di masuki. Ini termasuk memahami tren terbaru, peluang pertumbuhan, dan tantangan yang mungkin akan dihadapi. Terlibatlah dalam membaca literatur industri, mengikuti seminar online, dan berinteraksi dengan para profesional yang berada dalam bidang yang diminati.

  1. Evaluasi Keterampilan Kamu

Sebelum memasuki bidang baru,  penting untuk melakukan evaluasi keterampilan saat ini. Identifikasi keterampilan yang dapat di-transfer dan dapat diterapkan dalam konteks baru. Beberapa keterampilan, seperti kemampuan komunikasi, manajemen waktu, dan pemecahan masalah, sangat berharga dalam berbagai bidang.

  1. Pendidikan dan Pelatihan Tambahan

Shifting career seringkali memerlukan pendidikan dan pelatihan tambahan. Ini bisa berupa kursus online, workshop, atau bahkan program gelar baru. Mengikuti pelatihan yang relevan akan membantu dalam memahami dasar-dasar bidang baru dan mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan selanjutnya.