EdukasiTech

6 Langkah Mudah Mencari Judul Skripsi Menggunakan ChatGPT

3
×

6 Langkah Mudah Mencari Judul Skripsi Menggunakan ChatGPT

Sebarkan artikel ini
Langkah Mudah Mencari Judul Skripsi Menggunakan ChatGPT (Amazenesia/Freepik)
Langkah Mudah Mencari Judul Skripsi Menggunakan ChatGPT (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai 6 Langkah Mudah Mencari Judul Skripsi Menggunakan ChatGPT

Menentukan judul skripsi yang tepat adalah langkah awal penting dalam perjalanan akademik seorang mahasiswa. Judul yang baik akan memandu penelitian serta memberikan gambaran jelas tentang fokus penelitian kepada dosen pembimbing dan pembaca.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara menggunakan ChatGPT untuk mencari judul skripsi yang sesuai dengan minat dan bidang studi Anda.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah model bahasa generatif yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT yang merupakan sistem kecerdasan buatan dilatih dengan sejumlah besar teks dari internet, sehingga memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai topik.

ChatGPT dapat digunakan untuk menghasilkan teks sesuai dengan input yang diberikan, sehingga sangat berguna untuk mencari judul skripsi.

Selanjutnya, berikut 6 langkah mudah mencari judul skripsi menggunakan ChatGPT:

Langkah 1: Menentukan Minat dan Bidang Studi

Langkah pertama dalam mencari judul skripsi dengan bantuan ChatGPT adalah menentukan minat dan bidang studi. Pilihlah subjek atau topik yang benar-benar Anda minati dan relevan dengan program studi Anda. Pastikan topik tersebut memiliki kedalaman penelitian yang memadai.

Contoh:

Jika Anda mahasiswa Teknik Informatika, Anda mungkin tertarik pada topik keamanan jaringan atau pengembangan aplikasi.

Bagi mahasiswa Ilmu Ekonomi, topik terkait ekonomi mikro atau makro mungkin menjadi pilihan yang baik.

Langkah 2: Menyusun Pertanyaan atau Deskripsi

Setelah Anda menentukan minat dan bidang studi, langkah selanjutnya adalah menyusun pertanyaan atau deskripsi singkat tentang topik yang Anda pilih. Gunakan pertanyaan atau deskripsi ini sebagai panduan untuk ChatGPT. Pastikan pertanyaan atau deskripsi tersebut cukup jelas dan terfokus.

Contoh:

Jika Anda minat pada keamanan jaringan, pertanyaan Anda bisa menjadi: “Bagaimana meningkatkan keamanan jaringan dalam era cybercrime yang meningkat?”

Untuk mahasiswa yang fokus pada ekonomi mikro, deskripsi bisa berbunyi: “Analisis dampak inflasi terhadap daya beli masyarakat.”