Tech

6 Strategi Efektif Mempercepat Kinerja Komputer

2
×

6 Strategi Efektif Mempercepat Kinerja Komputer

Sebarkan artikel ini
Strategi Efektif Mempercepat Kinerja Komputer (Amazenesia/Freepik)
Strategi Efektif Mempercepat Kinerja Komputer (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai 6 Strategi Efektif Mempercepat Kinerja Komputer

Kehidupan modern membutuhkan kecepatan dalam segala hal, termasuk kinerja komputer. Kehidupan yang penuh dengan kesibukan, tentu membuat kebanyakan orang mencari cara tercepat untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan

Namun, sama halnya ketika kita tidak memiliki waktu untuk menunggu burger di restoran cepat saji, menyeduh kopi atau berbagai kegiatan lain yang membutuhkan waktu lama, maka menunggu komputer yang lambat juga cukup menyita waktu.

Oleh karena itu, mempercepat kinerja computer sejatinya telah menjadi suatu keharusan. Berikut ini enam langkah efektif yang dapat dilakukan tanpa biaya tambahan, karena sebagian besar aplikasi ini sudah terinstal di komputer Anda.

Langkah 1: Mengosongkan Recycle Bin Langkah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengosongkan Recycle Bin. Caranya sangat mudah. Arahkan kursor Anda ke ikon Recycle Bin di desktop, klik kanan, dan pilih “Empty Recycle Bin.”

Langkah 2: Membersihkan Internet Explorer

Langkahnya adalah Buka Internet Explorer, pergi ke Tools, lalu Internet Options. Klik “Delete Cookies,” dan “Delete Files.” Centang “Delete all offline content” pada jendela yang muncul, lalu klik OK. Setelah selesai, klik OK lagi untuk menutup jendela Internet Options dan tutup Internet Explorer Anda.

Langkah 3: Disk Cleanup Langkah

Langkah melakukan Disk Cleanup adalah Klik Start, pilih All Programs, kemudian Accessories, System Tools, dan Disk Cleanup. Fungsi disk cleanup akan menghitung berapa banyak ruang yang dapat dibebaskan. Setelah selesai, langkah ini akan memberikan daftar file untuk dihapus. Anda dapat melihat daftar tersebut dan mencentang semua file yang ingin dihapus, lalu klik OK.

Langkah 4: Defragmentasi Disk

Selanjutnya, lakukan defragmentasi disk. Meskipun cukup memakan waktu, Anda dapat mengatur proses ini saat Anda memiliki kegiatan lain. Pergi menonton TV favorit, merapihkan halaman, atau bahkan berolahraga. Untuk memulainya, pergi ke Start, pilih All Programs, kemudian Accessories, System Tools, dan Disk Defragmenter. Klik “Analyze,” dan jika diperlukan, klik “Defrag.”