Lifestyle

7 Tips Merawat Wajah Bersih dan Sehat di Tengah Polusi Udara

4
×

7 Tips Merawat Wajah Bersih dan Sehat di Tengah Polusi Udara

Sebarkan artikel ini
Tips Merawat Wajah Bersih dan Sehat di Tengah Polusi Udara (Freepik)
Tips Merawat Wajah Bersih dan Sehat di Tengah Polusi Udara (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai 7 tips merawat wajah bersih dan sehat di tengah polusi udara, membersihkan wajah hingga konsumsi nutrisi yang sehat.

Permasalahan polusi udara kian menjadi isu yang belum kunjung terselesaikan. Di kota-kota besar seperti Jakarta, polusi udara semakin menjadi perhatian khusus. Hal ini ditambah dengan kondisi musim yang berada di musim kemarau, membuat polusi udara semakin menjadi santapan sehari-hari.

Polusi udara tentu memberikan dampak negatife bagi kesehatan terutama pada pernafasan. Terlalu sering menghirup udara yang mengadung polusi membuat saluran pernafasan menjadi tercemar zat-zat polutan.

Tidak hanya pada kesehatan, polusi udara juga dapat memberikan dampak negatif pada kulit wajah, seperti kulit kusam, jerawat, dan iritasi. Oleh karena itu, penting untuk merawat wajah dengan baik agar tetap bersih dan sehat, terutama dalam kondisi lingkungan yang terpapar polusi udara.

Artikel ini akan mengulas tujuh cara efektif untuk merawat wajah agar tetap bersih, sehat, dan terlindungi dari dampak buruk polusi udara.

  1. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Mencuci wajah adalah langkah pertama dalam merawat kulit. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras. Bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan debu yang menempel akibat polusi udara.

  1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mempercepat penuaan kulit dan membuat kulit lebih rentan terhadap polusi udara. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung, untuk melindungi kulit dari sinar UV dan polutan lingkungan.

  1. Rutin Menggunakan Pelembap

Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan menghaluskan tekstur kulit. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak menyumbat pori-pori. Gunakan pelembap secara rutin setelah mencuci wajah untuk menjaga kulit tetap lembut dan sehat.

  1. Eksfoliasi Secara Teratur

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit kusam. Pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit Kamu dan gunakan 1-2 kali seminggu untuk menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.