Health

Ancaman Bahaya Obesitas dan 4 Cara Pencegahannya!

0
×

Ancaman Bahaya Obesitas dan 4 Cara Pencegahannya!

Sebarkan artikel ini
Ancaman Bahaya Obesitas dan 4 Cara Pencegahannya (Freepik)
Ancaman Bahaya Obesitas dan 4 Cara Pencegahannya (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut ini adalah informasi mengenai ancaman bahaya obesitas dan cara pencegahannya.

Sudah beberapa hari ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita mengenai seorang pemuda yang memiliki berat badan sangat tidak wajar. Bagaimana tidak laki-laki asal Tangerang yang diketahui bernama Fajri (26 Tahun) ini memiliki berat badan hingga 300 Kg.

Sehingga karena berat badannya tersebut, mengakibatkan Fajri mengalami kesulitan dalam melakukan aktifitas. Bahkan hanya untuk berdiri saja Fajri sudah tidak sanggup melakukannya.

Kemudian setelah beberapa hari berita mengenai Fajri ini viral, diketahui Fajri telah dievakuasi untuk dibawa ke RSCM guna mendapatkan perawatan lebih lanjut. Namun berdasarkan kabar terakhir Fajri dinyatakan meninggal dunia oleh Tim Dokter RSCM Jakarta dikarenakan ternyata fajri telah mengidap beberapa penyakit komplikasi akibat dari berat badannya yang tidak normal.

Lalu, mengapa obesitas begitu mengancam Kesehatan kita? Berikut penjelasannya:

Menurut WHO Kegemukan dan obesitas didefinisikan sebagai akumulasi lemak abnormal atau berlebihan yang menimbulkan risiko bagi kesehatan. Dilansir dari Panduan Pelaksanaan Gerakan Nusantara Tekan Angka Obesitas (Gentas) Kementerian Kesehatan RI, obesitas merupakan ketidakseimbangan asupan energi (energi intake) dengan energi yang digunakan (energi expenditure), ditandai dengan adanya penumpukkan lemak yang abnormal. Selain itu WHO juga menyatakan bahwa obesitas merupakan permasalahan epidemi karena lebih dari sembilan juta orang meninggal setiap tahun akibat obesitas pada tahun 2017.

Obesitas dapat memicu terjadinya penyakit-penyakit kronis di antaranya adalah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes mellitus (kencing manis), dan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, penderita obesitas juga berisiko terjadinya penyumbatan pernapasan ketika sedang tidur. Bahkan, dapat memicu terjadinya kanker kelenjar prostat bagi laki-laki serta kanker payudara dan leher rahim bagi perempuan.

Dilansir dari WHO berikut adalah beberapa pencegahan yang dapat dilakukan agar kita dan keluarga kita terhindar dari ancaman obesitas:

  1. Mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dari makanan yang mengandung lemak dan gula
  2. Meningkatkan porsi asupan buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap hari
  3. Melakukan aktivitas fisik secara teratur yaitu 60 menit per hari untuk anak-anak dan 150 menit per minggu untuk orang dewasa.
  4. Pada bayi, penelitian menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif sejak lahir hingga usia 6 bulan mengurangi risiko bayi menjadi kelebihan berat badan atau obesitas.

Demikianlah informasi mengenai ancaman bahaya obesitas dan pencegahannya. Semoga kita dan seluruh keluarga kita dapat selalu menerakan pola hidup sehat dan terhindar dari ancaman obesitas. Semoga bermanfaat***