ADVERTISEMENT
HealthSports

Apa itu Plank? Berikut Langkah dan Manfaat Plank dalam Olahraga

3
×

Apa itu Plank? Berikut Langkah dan Manfaat Plank dalam Olahraga

Sebarkan artikel ini
Langkah dan Manfaat Plank dalam Olahraga (Rawpixel)
Langkah dan Manfaat Plank dalam Olahraga (Rawpixel)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai plank disertai dengan langkah dan manfaat plank dalam olahraga.

Plank adalah salah satu latihan tubuh yang telah mendapatkan popularitas besar dalam dunia kebugaran. Meskipun terlihat sederhana, latihan ini memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Plank adalah latihan sederhana yang memiliki dampak besar pada kesehatan dan kebugaran tubuh. Dari penguatan otot inti hingga peningkatan postur dan stabilitas tubuh, manfaat plank sangat beragam.

Dengan mengikuti panduan yang tepat, Kamu dapat mengintegrasikan latihan ini ke dalam rutinitas kebugaran Kamu untuk mencapai hasil yang optimal.

Ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh Kamu dan tidak memaksakan diri saat melakukan plank. Jaga konsistensi dan nikmati manfaat yang akan Kamu peroleh dari latihan ini.

Lalu bagaimana Langkah Melakukan Plank dengan Benar? Berikut uraiannya

  • Mulailah dengan berbaring telentang di lantai dengan perut menghadap ke bawah.
  • Angkat tubuh Kamu dengan menopang berat badan Kamu pada lengan bawah Kamu (siku dan bawah lengan) dan jari-jari kaki Kamu. Pastikan tubuh Kamu membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit Kamu.
  • Aktifkan otot inti Kamu dengan menarik pusar Kamu ke arah tulang belakang, dan pastikan pinggul Kamu tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Tahan posisi ini selama yang Kamu bisa dengan menjaga napas tetap teratur.
  • Jika Kamu baru memulai, mungkin Kamu hanya dapat bertahan selama beberapa detik. Namun, seiring waktu, coba untuk meningkatkan durasi plank Kamu secara perlahan.
  • Ulangi latihan ini beberapa kali, dengan istirahat di antara setiap repetisi.

Setelah mengetahui langkah melakukan plank dengan benar, ketahui juga manfaat plank untuk tubuh berikut ini :

  1. Penguatan Otot Inti

Plank adalah salah satu latihan terbaik untuk menguatkan otot inti, yang mencakup otot perut, pinggul, dan punggung bagian bawah. Latihan ini melibatkan semua otot inti untuk menjaga postur tubuh Kamu agar tetap stabil selama Kamu berada dalam posisi plank.

Dengan rutin melakukan plank, Kamu dapat mengembangkan otot inti yang kuat, yang akan mendukung postur tubuh yang baik dan mengurangi risiko cedera punggung.