Health

Berapa Nilai Asupan Cairan Harian yang Dibutuhkan oleh Tubuh? Berikut Panduannya!

4
×

Berapa Nilai Asupan Cairan Harian yang Dibutuhkan oleh Tubuh? Berikut Panduannya!

Sebarkan artikel ini
Nilai Asupan Cairan Harian yang Dibutuhkan oleh Tubuh (Amazenesia/Freepik)
Nilai Asupan Cairan Harian yang Dibutuhkan oleh Tubuh (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai panduan nilai asupan cairan harian yang dibutuhkan oleh tubuh hingga gejala tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).

Air adalah sumber kehidupan. Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air, dan berbagai proses penting dalam tubuh bergantung pada asupan cairan yang memadai. Cairan berperan dalam menjaga suhu tubuh yang stabil, mengangkut nutrisi ke sel-sel, membuang limbah melalui urine, dan menjaga kulit serta selaput lendir agar tetap sehat. Tanpa asupan cairan yang memadai, tubuh kita tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Cairan juga merupakan salah satu elemen kunci dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap sel, organ, dan fungsi tubuh kita membutuhkan air untuk beroperasi dengan baik. Namun, seberapa banyak air yang harus kita minum setiap hari? Artikel ini akan membahas asupan cairan harian yang diperlukan oleh tubuh, faktor-faktor yang memengaruhinya, serta cara menjaga keseimbangan cairan untuk kesehatan optimal.

Nilai Asupan Cairan Harian

Tidak ada jumlah pasti air yang sesuai untuk setiap individu, karena berbagai faktor memengaruhi kebutuhan cairan seseorang. Akan tetapi, ada beberapa pedoman umum yang dapat membantu dalam menentukan asupan cairan harian yang ideal berikut ini:

Pedoman 8×8: Pedoman ini mengatakan bahwa kita seharusnya minum delapan gelas air sehari, masing-masing sekitar 8 ons (sekitar 2 liter atau setengah galon). Ini adalah panduan umum yang mudah diingat dan dapat berfungsi sebagai awal yang baik untuk menentukan asupan cairan Anda.

Panduan Institute of Medicine: Menurut Institute of Medicine, asupan cairan harian yang disarankan adalah sekitar 3,7 liter atau sekitar 15,5 cangkir (125 ons) cairan untuk pria dewasa dan sekitar 2,7 liter atau sekitar 11,5 cangkir (91 ons) cairan untuk wanita dewasa. Namun, ini juga mencakup cairan yang  didapatkan dari makanan dan minuman non-air.

Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik yang lebih intens dapat meningkatkan kebutuhan cairan Anda. Selama berolahraga, Anda kehilangan lebih banyak cairan melalui keringat, dan ini harus digantikan dengan minum lebih banyak.