Edukasi

Bukan IPK atau Almamater, Ini yang Pertama Kali Dilihat HRD Saat Screening CV

3
×

Bukan IPK atau Almamater, Ini yang Pertama Kali Dilihat HRD Saat Screening CV

Sebarkan artikel ini
Ini yang Pertama Kali Dilihat HRD Saat Screening CV (Unsplash)
Ini yang Pertama Kali Dilihat HRD Saat Screening CV (Unsplash)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai hal yang pertama kali dilihat HRD saat screening CV, apa saja? Simak Informasinya berikut ini

Proses seleksi CV oleh HRD (Human Resources Department) adalah tahap awal yang sangat penting dalam mencari pekerjaan. Meskipun IPK yang tinggi atau almamater yang ternama bisa menjadi nilai tambah, namun ada faktor-faktor lain yang pertama kali diperhatikan oleh HRD saat melakukan screening CV.

Oleh karena itu, penting untuk merancang CV dengan hati-hati serta memberikan informasi dengan cara yang jelas dan terstruktur. Dengan mengoptimalkan faktor-faktor ini, Kamu dapat meningkatkan peluang untuk lolos dalam proses seleksi awal dan mendapatkan peluang dari HRD.

Berikut hal-hal pertama kali yang dilihat HRD saat screening CV :

  1. Ringkasan Pribadi yang Menarik

Ringkasan diri (resume objective atau summary) adalah salah satu bagian pertama yang dibaca oleh HRD. Bagian ini harus menonjolkan siapa dirimu, apa yang Kamu tawarkan, dan tujuan Kamu dalam mencari pekerjaan. Gunakan kata-kata yang kuat dan jelas untuk menggambarkan diri Kamu dan tujuan karir kedepannya.

  1. Pengalaman Kerja yang Relevan

HRD akan mencari pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dibuka. Pengalaman kerja Kamu harus relevan dengan tugas dan tanggung jawab yang akan Kamu hadapi. Jika Kamu memiliki pengalaman yang sesuai, letakkan informasi ini di bagian atas CV.

  1. Keterampilan yang Relevan

Keterampilan yang sesuai dengan posisi yang Kamu lamar sangat berharga. Sebutkan keterampilan yang relevan di bagian keterampilan, dan jika mungkin, berikan bukti konkret bagaimana Kamu telah menggunakannya dalam pengalaman sebelumnya.

  1. Pencapaian yang Signifikan

HRD akan mencari bukti pencapaian yang signifikan dalam pengalaman Kamu. Pencapaian ini bisa berupa peningkatan kinerja, penghematan biaya, atau keberhasilan dalam proyek tertentu. Berikan bukti konkret tentang bagaimana Kamu telah memberikan dampak positif dalam pekerjaan sebelumnya.

  1. Kualifikasi atau Sertifikasi

Kualifikasi khusus atau sertifikasi yang Kamu miliki yang relevan dengan posisi yang Kamu lamar adalah nilai tambah besar. Ini menunjukkan komitmen Kamu terhadap pengembangan diri dan peningkatan kemampuan.