Edukasi

Cara Daftar OSN SD, SMP, SMA 2024. Klik Link Berikut Ini!

43
×

Cara Daftar OSN SD, SMP, SMA 2024. Klik Link Berikut Ini!

Sebarkan artikel ini
Cara Daftar OSN SD, SMP, SMA 2024 (Amazenesia/Kemdikbud)
Cara Daftar OSN SD, SMP, SMA 2024 (Amazenesia/Kemdikbud)

Amazenesia.com- Berikut Informasi Cara Daftar OSN Tingkat SD, SMP, SMA Tahun 2024, Klik Linknya!

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan ajang talenta setiap tahun di berbagai bidang. Kegiatan tersebut merupakan wadah aktualisasi serta unjuk prestasi bagi peserta didik yang memiliki potensi talenta di atas rata-rata.

Penyelenggaraan OSN diharapkan dapat menjadi mediasi untuk mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, adanya OSN juga menjadi harapan bagi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

OSN dilaksanakan dari jenjang SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/MA/Sederajat. Secara khusus, salah satu tujuan dari OSN adalah mendapatkan calon peserta untuk mewaliki Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional serta membangun basis data nasional peserta didik yang memiliki talenta dalam bidang sains.

OSN tingkat SMA/MA memiliki beberapa cabang lomba, diantaranya Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Sementara, pada tingkat SMP/MTs dengan cabang lomba Matematika dan IPS, serta tingkat SD yaitu Matematika dan IPA.

Untuk diketahui, pendaftaran OSN 2024 untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs telah dibuka sejak 22 Januari 2024 hingga 3 Maret 2024. Sementara itu, untuk pendaftaran OSN SMA 2024, juga telah dibuka pada tanggal 22 Januari hingga 29 Februari 2024.

Berikut cara daftar OSN SD, SMP, SMA Tahun 2024:

  • Pihak sekolah menggunakan Single Sign-On (SSO) PD Data pada laman Portal Registrasi Terpadu Ajang Talenta, dengan link https://daftarbpti.kemdikbud.go.id/
  • Dilanjutkan dengan proses registrasi melalui sistem aplikasi pendaftaran lomba Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.
  • Kemudian, proses registasi pada laman resmi Puspresnas dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengunggah kelengkapan berkas serta membuat akun tes peserta melalui link berikut ini:
  1. Tingkat SD/MI: https://sd.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn
  1. Tingkat SMP/MTs: https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=osn
  1. Tingkat SMA/MA: https://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/osn/
  • Pastikan pihak sekolah untuk mengisi data peserta OSN dengan akurat dan tepat.
  • Pada laman pendaftaran, diharapkan untuk pihak sekolah agar dapat mengunggah surat keterangan sekolah dan surat izin orang tua.

Demikianlah Informasi mengenai Cara Daftar OSN Tingkat SD, SMP, SMA Tahun 2024. Semoga bermanfaat!