EdukasiTech

Cara Mudah Menggunakan Grammarly: Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan dalam Bahasa Inggris

1
×

Cara Mudah Menggunakan Grammarly: Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan dalam Bahasa Inggris

Sebarkan artikel ini
Cara Mudah Menggunakan Grammarly (Freepik)
Cara Mudah Menggunakan Grammarly (Freepik)

Amazenesia.com – Cara Mudah Menggunakan Grammarly, Aplikasi untuk Memeriksa Tata Bahasa dan Ejaan dalam Bahasa Inggris

Dalam dunia komunikasi dan tulisan, menggunakan bahasa yang baik dan benar sangat penting untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif. Namun, tidak jarang kita membuat kesalahan tata bahasa, ejaan, atau penulisan yang dapat mengurangi kualitas tulisan kita. Untungnya, ada aplikasi seperti Grammarly yang dapat membantu memeriksa dan memperbaiki kesalahan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan Grammarly:

  1. Buka Situs Web Grammarly atau Unduh Aplikasinya

Anda dapat mengakses Grammarly melalui situs web resminya di https://www.grammarly.com/ atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store jika ingin menggunakan Grammarly di perangkat seluler.

  1. Buat Akun Grammarly atau Login

Jika Anda belum memiliki akun Grammarly, buat akun dengan mengisi formulir pendaftaran. Jika sudah memiliki akun, cukup masukkan detail login Anda untuk masuk ke akun Grammarly.

  1. Pilih Jenis Tulisan yang Ingin Diperiksa

Setelah login, pilih jenis tulisan yang ingin Anda periksa, seperti artikel, email, presentasi, atau jenis dokumen lainnya. Pilihan ini akan membantu Grammarly memberikan saran perbaikan yang lebih spesifik sesuai dengan konteks tulisan Anda.

  1. Salin dan Tempel Teks ke Grammarly

Salin teks yang ingin Anda periksa dan tempelkan ke dalam kotak teks Grammarly. Anda juga dapat menulis teks langsung di dalam kotak teks jika tulisan Anda belum ada dalam bentuk yang disimpan sebelumnya.

  1. Grammarly Akan Menandai Kesalahan

Setelah teks Anda dimasukkan ke dalam kotak teks, Grammarly akan secara otomatis menandai kesalahan tata bahasa, ejaan, dan penulisan dalam teks. Setiap kesalahan akan diberi tanda peringatan dan disertai dengan saran perbaikan dari Grammarly.

  1. Perbaiki Kesalahan dengan Saran Grammarly

Klik pada setiap tanda peringatan untuk melihat saran perbaikan dari Grammarly. Anda dapat memilih untuk menerima saran tersebut dengan mengklik tombol “Accept” atau mengabaikannya dengan mengklik tombol “Dismiss.”