Tech

Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Dengan Sendirinya

0
×

Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Dengan Sendirinya

Sebarkan artikel ini
Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Dengan Sendirinya (Amazenesia)
Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Dengan Sendirinya (Amazenesia)

Amazenesia.com – Berikut ini adalah Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Dengan Sendirinya

Fitur yang diberikan oleh sistem operasi pada dasarnya memudahkan para penggunanya agar pemakaian laptop ataupun komputer dapat semudah dan seefisien mungkin, mulai dari segi performa hingga penggunaan daya. seperti adanya fitur Sleep Otomatis jika dibiarkan diam selama beberapa menit. biasanya fitur ini sudah ada secara standar pada OS windows xp hingga windows 11. namun, apakah selalu pengaturan sleep otomatis tersebut berguna bagi user ?

nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tutorial bagaimana cara me-nonaktifkan fitur Sleep otomatis pada sebuah laptop maupun komputer PC. tentunya hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang mempunyai keperluan agar laptop tetap hidup meski di diamkan dalam waktu beberapa lama. mungkin sedang download film atau games terbaru yang memiliki ukuran lumayan besar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendownloadnya.

Cara Setting Pengaturan Power Plan

cara berikut ini berlaku untuk sistem operasi Windows XP hingga windows 10, sedangkan untuk windows 11 sebenarnya prinsipnya sama saja namun perbedaanya hanya pada peletakan menu control panelnya saja, jadi silahkan disimak.
1. Klik tombol START.
2 Pilih Control Panel.
atau.
1. Tekan tombol CTRL + R.
2. ketik Control Panel lalu tekan enter.
setelah itu akan masuk ke jendela control panel.
jendela control panel
jendela control panel
disini kalian mungkin akan di hadapkan pada banyak pilihan ada yang dilihat berdasarkan kategori (seperti gambar di atas) namun ada juga yang berdasarkan icon kecil.
3. Pilih menu Hardware and Sound. ( jika menu pilihan category ).
power options control panel
Power Options
4. kalian pilih pada bagian Power OptionsChange when the computer sleeps.
5. selanjutnya akan muncul jendela power options, disini kamu bisa mengatur apa yang bisa laptop kamu lakukan pada saat atau tidak sedang di charge.
put computer to sleep settings
atur pengaturan sleep laptop
disini kamu bisa melihat 3 pengaturan yang bisa kamu atur, yaitu
  1. pengaturan turn off display untuk mengatur nyala monitor, pada saat on battery ( menggunakan baterai ) dan plugged in ( pada saat menggunakan charger ).
  2. Put computer to sleep untuk mengatur waktu sleep laptop, nah disini jika kamu ingin membuat agar laptop kamu tidak sleep ketika di diamkan, maka kamu harus mengganti waktu on battery dan plugged in menjadi Never.
  3. Pengaturan kecerahan.
setelah mengganti pengaturan sesuai dengan yang kamu mau lalu kamu klik  Save Changes. lalu restart.
Demikianlah informasi mengenai Cara Agar Laptop Tidak Bisa Sleep Saat Ditinggal. Semoga bermanfaat bagi semuanya 🙂