Lifestyle

Chemical dan Physical Sunscreen: Kelebihan, Kekurangan hingga Panduan dalam Memilih

1
×

Chemical dan Physical Sunscreen: Kelebihan, Kekurangan hingga Panduan dalam Memilih

Sebarkan artikel ini
Chemical dan Physical Sunscreen (Amazenesia/Freepik)
Chemical dan Physical Sunscreen (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Chemical dan Physical Sunscreen berupa kelebihan, kekurangan hingga panduan dalam memilih.

Saat kita berbicara tentang perlindungan dari sinar matahari, istilah “sunscreen” pasti sudah tidak asing lagi. Sunscreen adalah produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, atau bahkan kanker kulit.

Ada dua jenis utama sunscreen yang umum digunakan: chemical (kimia) dan physical (fisik). Artikel ini akan membahas perbedaan antara keduanya dan membantu Kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit Kamu.

  1. Chemical Sunscreen

Sunscreen kimia bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, kemudian melepaskan panas tersebut dari kulit. Ini adalah beberapa komponen kimia yang umum digunakan dalam sunscreen kimia:

Oxybenzone: Oxybenzone adalah salah satu komponen kimia yang paling umum digunakan dalam sunscreen kimia. Ini efektif dalam menyerap sinar UVB dan UVA, tetapi beberapa orang mungkin rentan terhadap reaksi alergi atau iritasi kulit.

Avobenzone: Avobenzone adalah komponen yang efektif melawan sinar UVA. Ini sering digunakan dalam kombinasi dengan komponen lain untuk perlindungan yang lebih luas.

Octisalate: Octisalate adalah komponen yang paling efektif melawan sinar UVB. Ini adalah salah satu komponen kimia yang paling lembut dan tidak menimbulkan iritasi kulit.

Kelebihan Chemical Sunscreen

  • Lebih ringan dan nyaman saat digunakan.
  • Melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB dengan baik.
  • Dapat digunakan sebagai dasar makeup.

Kekurangan Chemical Sunscreen

  • Bekerja dengan menyerap sinar, sehingga memerlukan waktu sekitar 20-30 menit untuk mulai efektif.
  • Beberapa komponen kimia dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi pada kulit.
  • Memerlukan aplikasi ulang lebih sering, terutama setelah berenang atau berkeringat.
  1. Physical Sunscreen

Physical sunscreen, juga dikenal sebagai mineral sunscreen, mengandung zat aktif berupa mineral seperti zinc oxide atau titanium dioxide. Ketika Kamu mengoleskannya pada kulit, mineral-mineral ini menciptakan lapisan pelindung yang menahan sinar UV dari masuk ke dalam kulit. Berikut adalah beberapa karakteristik dari physical sunscreen: