News

Hari Anak Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

3
×

Hari Anak Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Anak Internasional 2023 (Amazenesia)
Hari Anak Internasional 2023 (Amazenesia)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Anak Internasional 2023 berupa Sejarah, Tujuan hingga Bentuk Dukungan.

Hari Anak Internasional (International Children’s Day) adalah peringatan penting yang dirayakan di seluruh dunia untuk menghormati dan memperingati hak-hak anak serta mengedepankan kepentingan dan kesejahteraan mereka.

Peringatan ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi anak-anak, merayakan hak-hak anak, dan mempromosikan upaya-upaya untuk melindungi serta mendukung masa depan generasi mendatang.

Sejarah Hari Anak Internasional

Hari Anak Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 1925. Meskipun tanggal perayaan bervariasi di berbagai negara, sebagian besar negara merayakannya pada tanggal 20 November setiap tahun.

Pemilihan tanggal ini berkaitan dengan hari kelahiran Wilhelm Conrad Roentgen, seorang fisikawan Jerman yang menemukan sinar-X, dan juga sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam bidang ilmu pengetahuan yang penting bagi kesehatan anak-anak.

Pendirian Hari Anak Internasional juga didorong oleh organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memiliki peran penting dalam melindungi hak-hak anak dan mempromosikan kesejahteraan mereka.

Pada tahun 1959, PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak, yang merupakan dokumen penting dalam menetapkan hak-hak dasar anak-anak. Pada tahun 1989, Konvensi Hak-Hak Anak PBB secara resmi diadopsi dan menjadi hukum internasional yang mengatur hak-hak anak di seluruh dunia.

Tujuan Peringatan Hari Anak Internasional

Hari Anak Internasional memiliki signifikansi yang mendalam dalam konteks hak-hak dan perlindungan anak. Beberapa alasan mengapa peringatan ini penting meliputi:

  1. Mengingatkan pada Hak-Hak Anak

Hari Anak Internasional adalah kesempatan untuk merayakan hak-hak anak, termasuk hak untuk hidup, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan dari eksploitasi.

  1. Meningkatkan Kesadaran

Peringatan ini  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi anak-anak, seperti kemiskinan, pelecehan, penganiayaan, dan akses terhadap pendidikan dan perawatan kesehatan yang berkualitas.

  1. Mendorong Tindakan

Peringatan ini juga bertujuan mendorong tindakan untuk melindungi anak-anak dari segala bentuk kekerasan, diskriminasi, dan penelantaran serta upaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak.

  1. Memperingati Perjuangan Anak-Anak

Peringatan ini juga bertujuan sebagai bentuk penghormatan bagi anak-anak di seluruh dunia yang telah berjuang untuk hak-hak mereka dan mempromosikan perubahan positif dalam masyarakat.

  1. Menggalang Dukungan Global

Hari Anak Internasional merupakan panggilan untuk solidaritas global dalam mendukung hak-hak anak dan memberikan perhatian khusus terhadap anak-anak yang rentan.