News

Hari Anak Perempuan Internasional 2023 : Sejarah, Tujuan dan Cara Memperingati

9
×

Hari Anak Perempuan Internasional 2023 : Sejarah, Tujuan dan Cara Memperingati

Sebarkan artikel ini
Hari Anak Perempuan Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Anak Perempuan Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Anak Perempuan Internasional berupa sejarah, tujuan dan cara memperingati

Hari Anak Perempuan Internasional yang diperingati pada tanggal 11 Oktober setiap tahunnya, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak anak perempuan dan mendorong terciptanya kesetaraan gender di seluruh dunia.

Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 2012 setelah diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 19 Desember 2011. Tujuannya adalah untuk mempromosikan hak-hak anak perempuan dan memberikan fokus pada isu-isu yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia.

Sejarah Peringatan

Peringatan Hari Anak Perempuan Internasional diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tanggal 19 Desember 2011 dan pertama kali dirayakan pada tahun 2012.

Tanggal 11 Oktober dipilih untuk memperingati hak-hak anak perempuan karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan Hari Kedua Organisasi Kesehatan Sedunia yang memperjuangkan kesetaraan gender dan kesehatan perempuan.

Tujuan Peringatan

Tujuan utama peringatan Hari Anak Perempuan Internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia serta untuk mempromosikan hak-hak mereka.

Hal ini juga termasuk mendorong akses yang lebih baik terhadap pendidikan, kesehatan, kesetaraan, dan berbagai aspek kehidupan bagi anak perempuan.

Hari Anak Perempuan Internasional juga bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan anak perempuan dalam mencapai potensi penuh mereka dalam berbagai bidang.

Cara Memperingati

Pada peringatan Hari Anak Perempuan Internasional, banyak organisasi dan komunitas mengadakan berbagai kegiatan untuk memperjuangkan hak-hak anak perempuan dan kesetaraan gender. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Anak Perempuan Internasional :

  1. Kegiatan-kegiatan berupa konferensi, seminar, diskusi panel, aksi-aksi sosial, kampanye advokasi, dan berbagai bentuk kegiatan yang mendukung anak perempuan.
  2. Menekankan pentingnya pendidikan bagi anak perempuan dengan cara memberikan akses yang setara terhadap pendidikan
  3. Edukasi terkait kesetaraan gender agar anak perempuan dapat bebas dari diskriminasi, kekerasan, dan penindasan.
  4. Mencari solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan dihadapi anak perempuan, seperti pernikahan anak, kekerasan terhadap anak perempuan, diskriminasi, dan akses terbatas terhadap pendidikan dan kesehatan.
  5. Mengajak semua pihak untuk berkontribusi, baik pemerintah, organisasi non-pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat perlu bersatu untuk berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan anak perempuan.

Peringatan Hari Anak Perempuan Internasional pada tanggal 11 Oktober adalah panggilan untuk mengatasi isu-isu yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia dan mempromosikan kesetaraan gender.