News

Hari Anti Korupsi Sedunia 2023: Sejarah hingga Bentuk Dukungan

3
×

Hari Anti Korupsi Sedunia 2023: Sejarah hingga Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Anti Korupsi Sedunia 2023 berupa Sejarah hingga Bentuk Dukungan.

Korupsi adalah masalah global yang telah menggerogoti tatanan sosial, politik, dan ekonomi di seluruh dunia selama berabad-abad. Keberadaan korupsi tidak hanya merugikan ekonomi negara, tetapi juga merusak moralitas masyarakat, menghambat pembangunan berkelanjutan, dan memperburuk kesenjangan sosial.

Untuk mengatasi masalah ini, masyarakat internasional telah menetapkan Hari Anti Korupsi Sedunia pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak korupsi, mendorong tindakan pencegahan, dan mempromosikan integritas dalam semua aspek kehidupan.

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia

Pemilihan tanggal 9 Desember untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia adalah sebagai bentuk penghormatan atas penandatanganan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Melawan Korupsi (United Nations Convention against Corruption/UNCAC) pada tahun 2003.

UNCAC adalah instrumen hukum internasional yang paling komprehensif dalam upaya melawan korupsi. Konvensi ini mencakup berbagai aspek korupsi, mulai dari pencegahan hingga penuntutan dan kerjasama internasional. UNCAC adalah hasil dari kerja keras komunitas internasional yang menyadari bahwa korupsi adalah ancaman serius terhadap stabilitas dan perkembangan negara-negara di seluruh dunia.

Konvensi ini memiliki tujuan utama untuk mendorong negara-negara anggota untuk mengadopsi dan melaksanakan langkah-langkah efektif dalam melawan korupsi. UNCAC telah diadopsi oleh hampir seluruh negara di dunia, dan saat ini memiliki lebih dari 180 negara anggota.

Hari Anti Korupsi Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2005 dan telah menjadi platform global untuk mengampanyekan pesan anti korupsi. PBB dan berbagai organisasi non-pemerintah secara aktif terlibat dalam peringatan hari ini dengan mengadakan berbagai acara, seminar, dan kampanye edukasi untuk membangun kesadaran akan bahaya korupsi.

Mengapa Hari Anti Korupsi Sedunia Penting?