News

Hari Armada RI 2023: Sejarah Lahirnya Komando Armada RI

0
×

Hari Armada RI 2023: Sejarah Lahirnya Komando Armada RI

Sebarkan artikel ini
Hari Armada RI 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Armada RI 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informnasi mengenai Hari Armada RI 2023 berupa Sejarah Lahirnya Komando Armada RI.

Peringatan Hari Armada RI bertepatan pada tanggal 5 Desember setiap tahunnya. Terbentuknya Hari Armada RI tak dapat dilepaskan dari pendirian Komando Armada RI itu sendiri.

Menurut informasi resmi TNI, Komando Armada RI dibentuk sesuai dengan Surat Keputusan KSAL Nomor A.4/2/10 tanggal 14 September 1959, yang secara resmi dinyatakan oleh Komodor Laut RE Martadinata pada tanggal 5 Desember 1959.

Berdasarkan Surat Keputusan KSAL Nomor Skep/4033/Xl/1987 tanggal 17 November, diputuskan bahwa setiap tanggal 5 Desember akan diperingati sebagai “Hari Armada.”

Lahirnya Komando Armada RI

Komando Armada RI mulai terbentuk saat unsur-unsur armada saat itu menjadi lebih canggih, modern, dan jumlahnya semakin besar. Pembentukan Komando Armada ini bertujuan membangun Angkatan Laut RI yang kuat dan modern.

Pada saat itu, Angkatan Laut RI telah memiliki semua unsur kekuatan sebagai Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari Kapal atas air, Kapal bawah air, Pesawat udara, Pasukan pendarat serta didukung Pangkalan. Selama periode ini, Armada RI memainkan peran kunci dalam pelaksanaan Operasi Trikora dan Dwikora.

Hingga pada tanggal 18 Februari 1963, untuk memperkuat organisasi Angkatan Laut, terjadi penyesuaian dalam Organisasi Angkatan Laut. Salah satu konsekuensi dari penyesuaian ini adalah keluarnya Surat Keputusan Men/Pangal No.5401.7 yang diikuti oleh pembentukan Organisasi Komando Armada dalam Skep Men/Pangla No.5401.35 tanggal 6 Agustus 1963.

Berlanjut dengan Surat Keputusan Men/Pangal Nomor 5401.48 tanggal 1 Desember 1963, yang mengatur Organisasi Armada, yang dikenal sebagai Komando Armada (Koarma). Koarma adalah suatu Komando Utama (Kotama) fungsional dan administratif yang berada langsung di bawah Deputy I Men/Pangal.

Tugas utama Koarma adalah menyelenggarakan Komando administratif dan mengkoordinasikan Komando Jenis (Konjen) dalam persiapan tempur dari unit-unit jenis masing-masing serta menyelenggarakan Komando Operasional terhadap Komando Armada Siaga (Koarsa) dalam rangka meningkatkan dan memelihara kesiapan operasional tempur dari unit Koarsa.