News

Hari Bela Negara 2023: Sejarah, Makna hingga Bentuk Peringatan

30
×

Hari Bela Negara 2023: Sejarah, Makna hingga Bentuk Peringatan

Sebarkan artikel ini
Hari Bela Negara 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Bela Negara 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Bela Negara 2023 berupa Sejarah, Makna hingga Bentuk Peringatan.

Indonesia, sebagai negara berdaulat, memiliki tradisi dan budaya bela negara yang kuat. Hari Bela Negara, yang diperingati setiap tanggal 19 Desember, menjadi momen penting untuk merenungkan nilai-nilai patriotisme, semangat bela negara, dan tanggung jawab sebagai warga negara.

Hari Bela Negara adalah sebuah momen peringatan yang dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat cinta tanah air, patriotisme, dan kesadaran bela negara di kalangan seluruh warga Indonesia.

Pada peringatan ini, berbagai kegiatan seremonial dan reflektif diadakan untuk memperingati jasa para pahlawan dan mengingatkan masyarakat akan pentingnya ikut serta dalam menjaga keutuhan dan keamanan negara.

Sejarah Peringatan Hari Bela Negara

Sejarah Hari Bela Negara bermula dari situasi politik dan keamanan Indonesia yang kompleks pasca kemerdekaan. Pada tahun 1965, Indonesia menghadapi peristiwa G30S/PKI yang mengguncang stabilitas politik. Sebagai respons terhadap situasi tersebut, Pemerintah Indonesia menetapkan Hari Bela Negara pada tanggal 19 Desember melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 1966.

Hari Bela Negara dipilih sebagai penghormatan kepada Letnan Jenderal Abdul Haris Nasution yang saat itu berhasil menyelamatkan diri dari percobaan kudeta G30S/PKI pada malam 30 September 1965. Beliau melibatkan diri secara langsung dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara dan menjadi simbol perlawanan terhadap ancaman terhadap Pancasila dan ideologi negara.

Makna Hari Bela Negara

Peringatan Hari Bela Negara memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Peringatan Ini bukan hanya sekadar seremoni formal, tetapi juga kesempatan untuk merefleksikan arti pentingnya cinta tanah air, tanggung jawab sebagai warga negara, dan semangat bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui peringatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai kebangsaan dan berkomitmen untuk turut serta dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.