News

Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023 : Berikut Sejarah Berdirinya Dharma Wanita Nasional!

1
×

Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023 : Berikut Sejarah Berdirinya Dharma Wanita Nasional!

Sebarkan artikel ini
Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023 (dwpprovdki.org)
Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023 (dwpprovdki.org)

Amazenesia.com – Artikel ini berisi informasi mengenai Hari Dharma Wanita Nasional 5 Agustus 2023 berikut Sejarah berdirinya Dharma Wanita Nasional.

Dharma Wanita merupakan organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tujuan didirikannya Dharma Wanita adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS dalam rangka mencapai kesejahteraan nasional.

Peringatan Hari Dharma Wanita Nasional jatuh pada tanggal 5 Agustus setiap tahunnya. Lalu seperti apa Sejarah peringatan Hari Dharma Wanita Nasional? Berikut uraiannya!

Dikutip Amazenesia.com dari lama resmi Dharma Wanita, organisasi Dharma Wanita berdiri pertama kali sejak tanggal 5 Agustus 1974 pada masa Orde Baru. Pendiri Dharma Wanita adalah Ketua Dewan Pembina KORPRI yaitu Amir Machmud yang juga berdasarkan atas Prakarsa Ibu Negara Ibu Tien Soeharto.

Pada saat itu, anggota Dharma Wanita terdiri dari pada Istri Pegawai Republik Indonesia, Anggota ABRI yang dikaryakan dan Pegawai BUMN. Lalu, pada tahun 1998 tepatnya di era Reformasi, organisasi Dharma Wanita melakukan perubahan dengan tidak lagi bermuatan politik dari pemerintah namun hanya menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat netral dari politik, Independen dan Demokrasi. Hingga pada akhirnya,  nama Dharma Wanita pun diubah menjadi Dharma Wanita Persatuan.

Pemilihan nama Dharma Wanita yang berubah menjadi Dharma Wanita Persatuan disesuaikan dengan nama Kabinet Persatuan Nasional yang berada di bawah kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid. Tidak hanya berubah pada nama, namun organisasi ini juga terbentuk menjadi organisasi yang mandiri dan demokrasi.

Kemudian, pada tanggal 7 Desember 1999, Dharma Wanita akhirnya disahkan dalam sebuat rapat nasional, yaitu Munas Luar Biasa (Munaslub) yang diselenggarakan pada tanggal 6-7 Desember 1999 dengan mengesahkan seluruh rancangan Anggaran Dasar serta menetapkan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan terpilih yaitu, Ny. Dr. Nila F.

Penetapan peringatan Hari Dharma Wanita Nasional pada tanggal 5 Agustus didasarkan pada tanggal terbentuknya organisasi Dharma Wanita pertama kali yaitu pada tanggal 5 Agustus 1974 sehingga hingga saat itu setiap tanggal 5 Agustus  diperingati sebagai Hari Dharma Wanita Nasional.