News

Hari Diabetes Sedunia 2023: Tujuan hingga Bentuk Dukungan

2
×

Hari Diabetes Sedunia 2023: Tujuan hingga Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Diabetes Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Diabetes Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Diabetes Sedunia 2023 berupa Tujuan hingga Bentuk Dukungan.

Hari Diabetes Sedunia adalah perayaan tahunan yang ditetapkan oleh International Diabetes Federation (Federasi Diabetes Internasional) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk meningkatkan kesadaran global tentang diabetes.

Diperingati setiap tanggal 14 November, Hari Diabetes Sedunia memiliki tujuan penting dalam mengedukasi masyarakat tentang diabetes, mengatasi stigma yang terkait dengan penyakit ini, dan mendorong tindakan pencegahan serta pengelolaan yang lebih baik.

Diabetes mellitus, atau lebih dikenal dengan diabetes, adalah penyakit kronis yang terjadi ketika tubuh tidak mampu memproses gula (glukosa) dengan baik. Glukosa adalah sumber energi utama bagi tubuh, dan untuk dapat digunakan, glukosa harus masuk ke dalam sel dengan bantuan hormon insulin. Diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakan insulin dengan efektif.

Terdapat beberapa jenis diabetes, yang paling umum adalah:

Diabetes Tipe 1: Terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas. Hal ini mengakibatkan kekurangan insulin dalam tubuh. Diabetes tipe 1 biasanya muncul pada masa kanak-kanak atau remaja, dan penderita perlu menggunakan insulin setiap hari.

Diabetes Tipe 2: Lebih umum daripada tipe 1, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan baik atau tidak menghasilkan cukup insulin. Faktor risiko utama adalah obesitas, pola makan yang buruk, dan kurangnya aktivitas fisik.

Diabetes Gestasional: Terjadi selama kehamilan dan biasanya menghilang setelah melahirkan. Namun, perempuan yang pernah mengalami diabetes gestasional berisiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Tujuan Peringatan Hari Diabetes Sedunia

Hari Diabetes Sedunia sangat penting karena diabetes adalah pandemi global yang terus meningkat secara signifikan.

Menurut data International Diabetes Federation, pada tahun 2019, terdapat lebih dari 463 juta orang yang menderita diabetes di seluruh dunia, dan jumlah ini diperkirakan akan mencapai 700 juta pada tahun 2045 jika tidak ada tindakan yang diambil.