News

Hari Gunung Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

0
×

Hari Gunung Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Gunung Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Gunung Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Gunung Internasional 2023 berupa Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan.

Hari Gunung Internasional adalah momen penting yang dirayakan setiap tahun untuk menghargai gunung dan keindahan alamnya, serta untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan gunung.

Gunung memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem global dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia di berbagai belahan dunia.

Sejarah Hari Gunung Internasional

Hari Gunung Internasional dirayakan setiap tanggal 11 Desember. Tanggal ini dipilih untuk memperingati penandatanganan Piagam Gunung di Pegunungan Karpat pada tahun 2002.

Piagam ini adalah dokumen internasional yang menegaskan pentingnya menjaga dan melindungi gunung sebagai bagian dari warisan alam dunia serta menggarisbawahi peran gunung dalam mendukung kehidupan manusia dan ekosistem global.

Pada tahun 2003, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi mengakui tanggal 11 Desember sebagai Hari Gunung Internasional. Keputusan ini adalah hasil dari kerja keras berbagai organisasi lingkungan dan negara-negara yang peduli terhadap kelestarian gunung dan lingkungan alam.

Sejak itu, setiap tahun, perayaan Hari Gunung Internasional diadakan di seluruh dunia untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga gunung dan ekosistemnya.

Tujuan Hari Gunung Internasional

Hari Gunung Internasional memiliki beberapa tujuan utama:

  • Gunung sering kali menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pendaki, peneliti alam, dan pecinta alam. Oleh karena itu, Hari Gunung Internasional memberikan kesempatan untuk merayakan keelokan alam ini.
  • Meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi gunung dan ekosistemnya. Gunung adalah rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna yang unik, dan menjaga kelestarian mereka adalah tanggung jawab kita Bersama.
  • Hari Gunung Internasional juga menjadi ajang untuk mengingatkan kita akan bahaya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia di gunung, seperti deforestasi, pencemaran, dan perubahan iklim.
  • Mendorong promosi keberlanjutan dalam pengelolaan gunung. Keberlanjutan adalah kunci untuk menjaga gunung dan ekosistemnya tetap utuh.

Bentuk Dukungan di Hari Gunung Internasional