News

Hari Guru Sedunia 2023 : Tujuan Perayaan hingga Bentuk Dukungan

2
×

Hari Guru Sedunia 2023 : Tujuan Perayaan hingga Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Guru Sedunia 2023 (Canva/Amazenesia)
Hari Guru Sedunia 2023 (Canva/Amazenesia)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Guru Sedunia 2023 berupa tujuan perayaan hingga bentuk dukungan.

Hari Guru Sedunia yang diperingati tanggal 5 Oktober setiap tahunnya merupakan wujud penghargaan dan apresiasi atas peran penting para guru dalam proses pendidikan global.

Meskipun ada perbedaan dalam tanggal dan makna perayaan di setiap negara, baik Hari Guru Nasional maupun Hari Guru Sedunia memiliki tujuan utama, yaitu menghormati dan memperingati kontribusi para guru yang sangat berarti dalam mengembangkan dunia pendidikan.

Hari Guru Sedunia juga bukan sekadar perayaan biasa, tetapi merupakan momen penting untuk menyoroti peran luar biasa yang dimainkan oleh para guru dalam membentuk masa depan bangsa melalui pendidikan.

Peran guru tidak hanya terbatas pada pengajaran di kelas, tetapi juga dalam membimbing dan membentuk karakter peserta didik. Selain itu, guru juga memiliki tanggung jawab besar untuk membimbing dan mendidik generasi muda agar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses di masa depan.

Tujuan Perayaan Hari Guru Sedunia

Hari Guru Nasional dan Hari Guru Sedunia, meskipun memiliki perbedaan dalam tanggal perayaan dan makna, namun nyatanya memiliki tujuan yang serupa.

Hari Guru Nasional bertujuan memberikan penghormatan dan apresiasi kepada guru atas dedikasi mereka dalam mengajar peserta didik di tingkat nasional.

Sementara itu, Hari Guru Sedunia lebih fokus untuk memusatkan perhatian pada kontribusi dan prestasi para guru secara global, juga untuk menyoroti keprihatinan dan prioritas terkait guru dalam dunia pendidikan.

Dalam menghadapi tantangan besar, seperti pembelajaran jarak jauh, ketidakpastian akademik, dan kondisi kesehatan yang belum menentu, para guru telah menunjukkan ketangguhan dan ketekunan yang luar biasa.

Mereka terus berinovasi, mencari solusi kreatif, dan memberikan dukungan emosional kepada peserta didik mereka. Dedikasi para guru tidak pernah luntur meskipun dalam kondisi yang sulit.

Bentuk Apresiasi dan Dukungan Kepada Guru