News

Hari Hak Asasi Manusia Internasional 2023: Sejarah hingga Bentuk Dukungan

2
×

Hari Hak Asasi Manusia Internasional 2023: Sejarah hingga Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Hak Asasi Manusia Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Hak Asasi Manusia Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Hak Asasi Manusia Internasional 2023 berupa Sejarah hingga Bentuk Dukungan

Hari Hak Asasi Manusia Internasional, yang jatuh pada tanggal 10 Desember setiap tahunnya, adalah peringatan global tentang pentingnya menghormati dan melindungi hak-hak dasar manusia di seluruh dunia.

Peringatan ini dilatarbelakangi oleh penandatanganan Universal Declaration of Human Rights (Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia) pada tahun 1948, sebuah dokumen penting yang menetapkan standar hak asasi manusia yang harus diakui dan dihormati oleh semua negara.

Sejarah Hari Hak Asasi Manusia Internasional

Hari Hak Asasi Manusia Internasional memiliki asal-usul yang kuat dalam sejarah dunia. Untuk memahami mengapa perayaan ini sangat penting, kita perlu melihat kembali ke masa lalu, terutama periode pasca-Perang Dunia II.

Setelah Perang Dunia II yang merusak, dunia menyadari perlunya sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk mencegah konflik global dan mempromosikan perdamaian. Pada tahun 1945, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan.

PBB menjadi sebuah forum internasional di mana negara-negara dapat berkumpul, berdiskusi, dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah perang. PBB juga berusaha untuk mempromosikan hak asasi manusia sebagai prinsip dasar yang harus dijunjung tinggi oleh semua negara anggota.

Setelah berbulan-bulan perdebatan dan negosiasi, akhirnya pada tanggal 10 Desember 1948, Majelis Umum PBB mengadopsi Universal Declaration of Human Rights (UDHR). Dokumen ini terdiri dari 30 pasal yang menetapkan hak-hak asasi manusia yang harus diakui dan dihormati oleh semua individu dan negara.  UDHR menggarisbawahi hak-hak dasar seperti hak atas hidup, kebebasan berpendapat, dan kebebasan dari penyiksaan. Ini adalah tonggak penting dalam sejarah hak asasi manusia.

Untuk memperingati penandatanganan UDHR pada tanggal 10 Desember, PBB menetapkan tanggal 10 Desember tersebut sebagai Hari Hak Asasi Manusia Internasional. Peringatan ini pertama kali diadakan pada tahun 1950 dan sejak itu menjadi momen penting untuk mengingatkan dunia akan hak-hak dasar yang harus dilindungi dan dipromosikan.