News

Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi 2023 : Sejarah hingga Bentuk Dukungan

2
×

Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi 2023 : Sejarah hingga Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi 2023 (Canva/Amazenesia)
Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi 2023 (Canva/Amazenesia)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengena Hari Hak untuk Mendapatkan Informasi 2023 berupa sejarah hingga bentuk dukungan

Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi (International Right to Know Day) yang diperingati setiap tanggal 28 September bertujuan untuk mempromosikan pentingnya akses terbuka terhadap informasi publik, transparansi, dan akuntabilitas pemerintahan.

Hak untuk mendapatkan informasi adalah hak asasi manusia yang penting, yang memungkinkan warga negara untuk memahami dan memengaruhi keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka.

Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi juga merupakan kesempatan untuk merayakan dan mempromosikan hak yang sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang terbuka dan demokratis.

Sejarah Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi

Hari Hak Untuk Mendapatkan Informasi pertama kali dirayakan pada tahun 2002 di negara-negara yang merupakan anggota Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tanggal 28 September dipilih untuk merayakan tanggal di mana Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB diadopsi pada tahun 1946. Salah satu pasal penting dalam deklarasi ini adalah Pasal 19, yang mengakui hak setiap orang untuk memiliki akses ke informasi

Pentingnya Hak Untuk Mendapatkan Informasi

Hak untuk mendapatkan informasi adalah fondasi demokrasi yang kuat dan masyarakat yang lebih terbuka. Berikut beberapa alasan mengapa hak ini sangat penting:

Transparansi Pemerintah: Hak untuk mendapatkan informasi memaksa pemerintah untuk menjadi lebih transparan dalam kebijakan dan tindakan mereka. Hal ini memungkinkan warga negara untuk memahami mengenai penggunaan uang pajak serta membuat pemerintah lebih akuntabel dalam kinerjanya.

Partisipasi Demokratis: Hak untuk mendapatkan informasi adalah dasar bagi partisipasi demokratis yang sehat. Ketika warga negara memiliki akses terhadap informasi yang relevan, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam pemilihan, pemungutan suara, dan mendukung kebijakan yang sesuai dengan kepentingan mereka.

Kemajuan Sosial dan Ekonomi: Informasi adalah aset berharga dalam mendorong kemajuan sosial dan ekonomi. Akses terhadap data ekonomi, pendidikan, dan kesehatan memungkinkan individu dan organisasi untuk membuat keputusan yang cerdas dan mempengaruhi perkembangan yang positif.