News

Hari Ibu 2023: Sejarah, Logo hingga Tema yang Diangkat

5
×

Hari Ibu 2023: Sejarah, Logo hingga Tema yang Diangkat

Sebarkan artikel ini
Hari Ibu 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Ibu 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Ibu 2023 berupa Sejarah hingga Tema yang Diangkat.

Peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya merupakan salah satu perayaan Nasional yang dimaknai sebagai momen penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh Perempuan yang terlah memberikan banyak kontribusi dan dedikasi bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Peringatan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, diawali oleh perjuangan para Perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu dipilih bertepatan dengan waktu pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia ke I pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Pelaksanaan kongres tersebut bertujuan untuk menyatukan para Perempuan Indonesia dalam satu perhimpunan. Pada akhirnya, Pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia ini diakui sebagai tonggak Sejarah kebangkitan pergerakan Perempuan Indonesia, yang menandakan bahwa kaum Perempuan dapat berdiri bersama dengan kaum laki-laki serta kaum muda dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Kemudian, secara resmi peringatan Hari Ibu ditetapkan pada saat pelaksanaan Kongres Perempuan III pada tanggal 22 Desember 1938. Penetapan Hari Ibu sebagai perayaan Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Setiap tahunnya perayaan hari ibu memiliki tema dan logo resmi yang dirilis oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

Adapun logo yang diusung pada peringatan hari Ibu ke-95 adalah berupa angka 95 berwarna merah dengan tulisan ‘MERDEKA MELAKSANAKAN DHARMA’ di bagian bawah. Kemudian, di antara angka 9 dan 5, terdapat bendera merah putih yang berkibar serta setangkai bunga mawar pada bagian atas kanan angka 9.

Terkait tema, pada tahun ini perayaan hari ibu mengusung tema ”Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, yang berarti sebagai bentuk apresiasi terhadap peran dan kontribusi Perempuan Indonesia untuk kemajuan bangsa pada berbagai aspek kehidupan.