News

Hari Kanker Sedunia 2024: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

5
×

Hari Kanker Sedunia 2024: Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan

Sebarkan artikel ini
Hari Kanker Sedunia 2024 (Amazenesia/Freepik)
Hari Kanker Sedunia 2024 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com-  Berikut informasi mengenai Hari Kanker Sedunia 2024 berupa Sejarah, Tujuan dan Bentuk Dukungan.

Hari Kanker Sedunia yang diperingati pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya, merupakan momentum untuk memberikan penghormatan kepada para pejuang yang telah berjuang melawan kanker.

Tidak hanya itu, peringatan kanker sedunia juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit ini, mendukung upaya penelitian dan pencegahan serta menjadi kesempatan bagi seluruh dunia untuk bersatu dalam menghadapi tantangan besar ini.

Kesadaran masyarakat tentang kanker memiliki peran krusial dalam pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan. Hari Kanker Sedunia menjadi momen penting untuk meningkatkan pemahaman tentang berbagai jenis kanker, faktor risiko, serta pentingnya gaya hidup sehat.

Edukasi ini bukan hanya untuk individu yang mungkin sedang menghadapi kanker, tetapi juga untuk masyarakat umum agar lebih proaktif dalam menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan rutin.

Peringatan Hari Kanker Sedunia juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam akses pengobatan dan dukungan psikososial. Dalam banyak kasus, akses terhadap perawatan kanker masih menjadi masalah di berbagai negara.

Oleh karena itu, peringatan ini dapat menjadi wadah untuk menyuarakan pentingnya kesetaraan akses dan dukungan bagi semua individu yang terkena dampak kanker.

Sejarah dan Tujuan Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2000 oleh Union for International Cancer Control (UICC), sebuah organisasi internasional yang berkomitmen untuk mengatasi beban kanker secara global.

Pemilihan tanggal 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia tidaklah kebetulan, melainkan untuk menghormati peringatan “Charter of Paris Against Cancer” yang diadopsi di tanggal tersebut pada tahun 2000. Charter ini menggarisbawahi komitmen dunia untuk bersatu melawan kanker.

Salah satu tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menghargai perjuangan dan keberanian para penderita kanker. Para pejuang yang menjalani perawatan kanker tidak hanya menghadapi tantangan fisik, tetapi juga perjuangan emosional dan psikologis yang besar.