News

Hari Korpri 2023: Sejarah, Makna dan Bentuk Peringatan Hari Korpri

8
×

Hari Korpri 2023: Sejarah, Makna dan Bentuk Peringatan Hari Korpri

Sebarkan artikel ini
Hari Korpri 2023 (Amazenesia/korpri.go.id)
Hari Korpri 2023 (Amazenesia/korpri.go.id)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Korpri 2023 berupa Sejarah, Makna dan Bentuk Peringatan Hari Korpri.

Setiap tanggal 29 November, Indonesia merayakan Hari Kesatuan Gerak Pegawai Republik Indonesia (Hari Korpri). Peringatan ini adalah momen penting untuk menghargai dan merayakan pengabdian para pegawai negeri di seluruh Indonesia.

Tahun 2023, Hari Korpri menginjak usia yang ke-51 sejak berdirinya organisasi ini pada tahun 1972. Seiring berjalannya waktu, Korpri telah memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia. Beberapa peran utama Korpri dalam pembangunan negara adalah:

Mengkoordinasikan Program dan Kebijakan, Korpri membantu dalam mengkoordinasikan program dan kebijakan pemerintah di berbagai tingkatan, mulai dari pusat hingga daerah serta menjembatani komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga kebijakan dan program pemerintah dapat terselenggara dengan lebih efektif.

Peningkatan Kualitas Pegawai Negeri, Korpri mendorong peningkatan kualitas pegawai negeri melalui pelatihan, pengembangan kompetensi, peningkatan profesionalisme serta memainkan peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pemberian Bantuan Sosial, Korpri juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan amal untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Korpri aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam, kaum dhuafa, dan berbagai kelompok masyarakat yang memerlukan bantuan.

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Korpri terlibat dalam program pemberdayaan ekonomi masyarakat, termasuk pelatihan kewirausahaan, pengembangan usaha kecil dan menengah serta mendukung upaya untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Penyelenggaraan Pemilu, Korpri juga memiliki peran dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia yaitu terlibat dalam proses pemungutan suara dan menjaga integritas pemilu.

Sejarah Hari Korpri

Sejarah Hari Korpri dimulai pada tanggal 29 November 1972 ketika Presiden Republik Indonesia saat itu, Soeharto, mengumumkan pembentukan Kesatuan Gerak Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Pembentukan organisasi ini bertujuan untuk mempersatukan dan mengorganisir pegawai negeri di seluruh Indonesia dalam satu wadah yang kuat dan solid.