News

Hari Menanam Pohon Indonesia 2023: Sejarah, Tujuan dan Cara Berpartisipasi

2
×

Hari Menanam Pohon Indonesia 2023: Sejarah, Tujuan dan Cara Berpartisipasi

Sebarkan artikel ini
Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 (Amazenesia)
Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 (Amazenesia)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 berupa Sejarah, Tujuan dan Cara Berpartisipasi.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman alamnya. Dari hutan hujan tropis yang lebat hingga pantai yang indah, alam Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan warga negara dan dihargai sebagai aset berharga bagi seluruh dunia.

Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan hutan tropis terluas di dunia menyediakan berbagai manfaat ekologi dan ekonomi bagi masyarakat. Oleh karena itu, perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia adalah momen yang penting untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengingatkan kita akan pentingnya menjaga alam Indonesia yang megah ini.

Beberapa alasan mengapa penanaman pohon sangat penting di Indonesia adalah:

Keanekaragaman Hayati, Hutan Indonesia adalah rumah bagi berbagai spesies unik dan langka, termasuk orangutan, harimau Sumatra, dan berbagai jenis burung endemik. Keanekaragaman hayati ini perlu dilestarikan untuk keberlanjutan lingkungan.

Sumber Air, Hutan hujan tropis Indonesia adalah sumber utama air bersih yang penting bagi kehidupan manusia dan pertanian. Hutan-hutan ini menjaga aliran sungai dan sungai yang memberi makan ribuan desa dan kota.

Iklim Global, Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan iklim global. Hutan-hutan Indonesia berfungsi sebagai penyerap karbon yang membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Ekonomi, Hutan-hutan Indonesia memberikan sumber daya alam berharga, seperti kayu, karet, dan minyak kelapa sawit, yang penting untuk ekonomi negara ini.

Kesejahteraan Masyarakat, Penanaman pohon dan pelestarian hutan mendukung kesejahteraan masyarakat lokal yang bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka.

  • Sejarah Hari Menanam Pohon Indonesia

Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 November. Dilansir dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, yang ditandatangani oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).