News

Hari Menopause Sedunia 2023 : Sejarah hingga Pendidikan Kesehatan Menopause

3
×

Hari Menopause Sedunia 2023 : Sejarah hingga Pendidikan Kesehatan Menopause

Sebarkan artikel ini
Hari Menopause Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Menopause Sedunia 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Menopause Sedunia berupa sejarah hingga pendidikan kesehatan menopause.

Hari Menopause Sedunia adalah perayaan global yang diadakan setiap tahun pada tanggal 18 Oktober untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang menopause. Menopause adalah tahap alami dalam kehidupan seorang wanita yang sering kali disertai dengan perubahan fisik dan emosional.

Menopause merupaka suatu kondisi dalam kehidupan seorang wanita ketika periode menstruasi berhenti secara permanen. Ini biasanya terjadi antara usia 45 hingga 55 tahun, meskipun dapat terjadi lebih awal atau lebih lambat pada beberapa wanita. Proses menopause sering kali terjadi selama beberapa tahun dan melibatkan berbagai perubahan fisik dan emosional.

Perubahan hormon adalah salah satu karakteristik utama dari menopause. Hormon estrogen dan progesteron mengalami fluktuasi drastis selama periode ini, yang dapat menyebabkan gejala seperti hot flashes, perubahan suasana hati, gangguan tidur, dan peningkatan risiko osteoporosis. Selain itu, penurunan estrogen dapat berdampak pada kesehatan jantung dan kesehatan tulang.

Sejarah Hari Menopause Sedunia

Hari Menopause Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2009. Ide untuk merayakan hari khusus ini muncul dari European Menopause and Andropause Society (EMAS) dan International Menopause Society (IMS). Mereka ingin menghilangkan stigma dan ketidakpastian yang sering ditemui oleh wanita yang memasuki masa menopause. Tujuan utama dari perayaan ini adalah untuk memberikan informasi dan dukungan kepada wanita agar mereka dapat menjalani masa menopause dengan lebih nyaman dan sehat.

Sejak itulah, setiap tahun pada tanggal 18 Oktober, berbagai organisasi, rumah sakit, dan individu di seluruh dunia merayakan Hari Menopause Sedunia dengan berbagai acara seperti seminar kesehatan, pameran kesehatan, dan peningkatan kesadaran melalui media sosial. Hari ini juga merupakan kesempatan untuk mengingatkan semua orang akan pentingnya pendidikan kesehatan menopause.