News

Hari Olahraga Nasional 2023 : Sejarah, Tujuan dan Cara Memperingati

3
×

Hari Olahraga Nasional 2023 : Sejarah, Tujuan dan Cara Memperingati

Sebarkan artikel ini
Hari Olahraga Nasional 2023 (Kemenpora)
Hari Olahraga Nasional 2023 (Kemenpora)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Olahraga Nasional, 9 September 2023 berupa sejarah tujuan dan cara memperingati.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Gelanggang Semangat Pemenang”.

Adapun tema itu sekaligus menjadi slogan dan tagline. Makna dari tema itu memberikan sebuah kesan atas semangat kompetitif serta bukti tekad kuat dalam meraih kemenangan.

Olahraga tidak hanya berkontribusi pada kesehatan fisik, tetapi juga membangun karakter, disiplin, kerjasama, dan semangat kompetitif yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas) bermula pada tanggal 9 September 1948, Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diikuti oleh berbagai provinsi. PON pertama ini juga bertujuan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa pasca-kemerdekaan.

Hingga akhirnya, Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional, yang secara konsisten diperingati setiap tahunnya. Haornas bukan hanya menjadi momen untuk berolahraga, tetapi juga untuk menghargai dan merayakan prestasi olahraga Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

Tujuan Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Haornas memiliki beberapa tujuan penting, antara lain:

1. Menggalakkan Gaya Hidup Sehat

Haornas mendorong masyarakat untuk menjalani gaya hidup aktif dan sehat melalui olahraga.

2. Meningkatkan Prestasi Olahraga

Meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

3. Menggali Bakat Olahraga

Mengidentifikasi dan mengembangkan bakat-bakat olahraga muda Indonesia.

4. Mempererat Persatuan Bangsa

Melalui olahraga, Haornas menjadi ajang mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Cara Memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Haornas dapat diperingati dengan berbagai kegiatan seperti lomba olahraga, senam massal, jalan sehat, seminar, dan berbagai acara rekreasi.

Masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang juga dapat berpartisipasi dalam peringatan ini dengan mengadakan berbagai kegiatan olahraga yang tidak hanya menarik tapi juga menyehatkan.