News

Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 : Sejarah, Tujuan dan Tugas PMI

8
×

Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 : Sejarah, Tujuan dan Tugas PMI

Sebarkan artikel ini
Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 (Canva/Amazenesia)
Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 (Canva/Amazenesia)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 berupa Sejarah, tujuan dan tugas Palang Merah Indonesia (PMI).

Bulan September menjadi salah satu hari bersejarah bagi organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, yaitu Palang Merah Indonesia (PMI). Diperingati setiap tanggal 3 September, pada tahun 2023, peringatan Hari Palang Merah Indonesia menginjak usia ke-78.

Sejarah Hari Palang Merah Indonesia bermula pada tanggal 3 September 1945 yang mana pada saat itu, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.

Melanjutkan hal tersebut, pada tanggal 5 September 1945, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I, Dr. Buntaran membentuk Panitia 5 yang terdiri dari dr. R. Mochtar sebagai ketua, dr. Bahder Djohan sebagai penulis, dr. Djuhana, dr. Marzuki dan dr. Sitanala sebagai anggota.

Hingga akhirnya terbentuk Perhimpunan Palang Merah Indonesia pada 17 September 1945 yang pada akhirnya disahkan keberadaannya secara nasional melalui Keppres Nomor 25 Tahun 1959 yang juga diperkuat dengan Keppres No. 264 tahun 1963.

Perhimpunan Palang Merah Indonesia memulai kegiatan melalui bantuan perang revolusi kemerdekaan Indonesia serta pengembalian tawanan perang Sekutu maupun Jepang. Atas dasar kinerjanya tersebut, PMI berhasil mendapatkan pengakuan secara internasional pada tahun 1950 dengan menjadi anggota Palang Merah Internasional.

Pembentukan Palang Merah Indonesia (PMI) bertujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia dengan tidak membeda-bedakan agama, bangsa, suku, bahasa, golongan serta pandangan politik.  Saat ini, PMI didaulat sebagai organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia.

Adapun tugas Palang Merah Indonesia berlandaskan pada tujuh prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu :

  1. Memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan dan lainnya
  2. Melakukan kegiatan berupa pembinaan relawan
  3. Memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  4. Melakukan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan Palang Merah Indonesia.
  5. Membantu memberikan pelayanan kesehatan dan sosial
  6. Membantu dalam penanganan musibah atau bencana di dalam dan di luar negeri
  7. Menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan Palang Merah Indonesia
  8. Melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh pemerintah.

Demikianlah informasi mengenai Hari Palang Merah Indonesia (PMI) 3 September 2023 berupa Sejarah, tujuan dan tugas Palang Merah Indonesia (PMI). Semoga bermanfaat.***