News

Hari Pendidikan Internasional 2024: Sejarah hingga Bentuk Peringatan

5
×

Hari Pendidikan Internasional 2024: Sejarah hingga Bentuk Peringatan

Sebarkan artikel ini
Hari Pendidikan Internasional 2024 (Amazenesia/Freepik)
Hari Pendidikan Internasional 2024 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Pendidikan Internasional berupa Sejarah hingga Bentuk Peringatan

Hari Pendidikan Internasional, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Januari, menjadi momen penting untuk merayakan peran krusial pendidikan dalam pembangunan serta membangun kesadaran global tentang urgensi pendidikan untuk mempromosikan perdamaian.

Peringatan ini melibatkan partisipasi aktif dari individu, lembaga pendidikan, dan masyarakat sipil sebagai bagian dari upaya bersama untuk memajukan sistem pendidikan global.

Peningkatan kualitas pendidikan tetap menjadi fokus utama. Sistem pendidikan perlu terus berinovasi untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Beberapa tantangan yang dihadapi seperti diantaranya beberapa daerah yang masih mengalami tantangan dalam menyediakan pendidikan yang merata bagi semua lapisan masyarakat, pemerataan akses terhadap teknologi di seluruh wilayah untuk mendukung pembelajaran online dan inovasi edutech serta menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Sejarah Hari Pendidikan Internasional

Sejarah pendirian Hari Pendidikan Internasional dimulai pada tahun 1989. Pada Desember 2018, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi memproklamirkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional.

Keputusan ini mencerminkan komitmen global untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan akses pendidikan yang adil dan merata bagi semua orang.

Sementara itu, tujuan Hari Pendidikan Internasional diantaranya adalah:

  • Meningkatkan Kesadaran Global: Hari Pendidikan Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di tingkat global akan pentingnya pendidikan sebagai fondasi pembangunan sosial dan ekonomi.
  • Promosi Perdamaian Melalui Pendidikan: Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk individu yang menghargai perdamaian, toleransi, dan penghargaan terhadap keberagaman.
  • Aksi Bersama untuk Sistem Pendidikan Global: Mendorong aksi bersama dalam meningkatkan sistem pendidikan global agar lebih inklusif dan berkeadilan.

Bentuk Peringatan Hari Pendidikan Internasional

  • Diskusi dan Seminar

Lembaga pendidikan dan organisasi terkait dapat menyelenggarakan diskusi dan seminar tentang isu-isu pendidikan terkini. Hal ini mencakup pembahasan inovasi pendidikan, tantangan global, dan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  • Kampanye Kesadaran Pendidikan

Kampanye di berbagai media dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan. Hal ini juga dapat melibatkan penyampaian pesan-pesan edukatif kepada masyarakat secara luas.