News

Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia 2023: Sejarah dan Cara Memperingati

2
×

Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia 2023: Sejarah dan Cara Memperingati

Sebarkan artikel ini
Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia 2023 (Freepik)
Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia 2023 (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi tentang peringatan Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia, 18 Agustus 2023 berupa sejarah dan cara memperingati.

Pada tanggal 18 Agustus, dunia dengan bangga merayakan Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia. Sebuah peringatan yang mengangkat pentingnya penelitian, deteksi dini, dan dukungan bagi mereka yang terdampak oleh penyakit mematikan ini.

Kanker payudara adalah sebuah tantangan kompleks yang tidak hanya membawa penderitaan fisik, tetapi juga beban emosional bagi para penderita dan keluarga mereka.

Hari ini, 18 Agustus 2023,  tidak hanya sebagai bentuk penghormatan atas perjalanan berat yang telah dilalui oleh para penderita kanker payudara, tetapi lebih dari itu. Peringatan ini juga sebagai bentuk perayaan atas semangat juang pria dan wanita yang bersatu melawan penyakit ini.

Sejarah Penelitian Kanker Payudara

Jejak pertama penyakit ini dapat ditelusuri kembali hingga sekitar tahun 3000 SM di zaman kuno Yunani, di mana persembahan berupa gambar payudara diberikan kepada dewa pengobatan, Asclepius.

Namun, upaya untuk memahami dan mengatasi ancaman kanker payudara telah ada sepanjang sejarah. Pada masa kuno hingga masa kini, manusia seringkali berpaling kepada keyakinan dan harapan akan kekuatan yang lebih tinggi ketika merasa tak memiliki kendali atas nasibnya.

Meskipun demikian, perkembangan penelitian dan perawatan kanker payudara semakin efektif sejak tahun 1970-an. Hal ini pada akhirnya menghasilkan sebuah peningkatan dalam diagnosis dini, mengurangi angka kematian, serta membuat rencana perawatan lebih terkelola.

Menyebarkan Kesadaran

Dari awal tahun 1960-an, kanker payudara telah menjadi fokus kampanye kesadaran yang semakin besar. Pesan yang konsisten dan kuat telah disebarkan di seluruh dunia, membuat pria dan wanita menyadari pentingnya menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Kesadaran akan bahaya kanker payudara dan pentingnya deteksi dini menjadi semakin merata di masyarakat berkat upaya kampanye yang gigih.

Dalam rangka ikut serta memperingati Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia, 18 Agustus 2023, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Pemeriksaan Dini

Edukasi diri sendiri dan orang di sekitar Anda tentang tanda-tanda kanker payudara serta pentingnya menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur.