News

Hari Penerjemah Internasional 2023 : Sejarah, Peran hingga Cara Memperingati

5
×

Hari Penerjemah Internasional 2023 : Sejarah, Peran hingga Cara Memperingati

Sebarkan artikel ini
Hari Penerjemah Sedunia 2023 (Freepik)
Hari Penerjemah Sedunia 2023 (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Penerjemah Internasional 2023 berupa sejarah, peran hingga cara memperingati.

Hari Penerjemah Internasional yang diperingati pada tanggal 30 September setiap tahunnya, adalah kesempatan untuk merayakan kontribusi penting yang diberikan oleh para penerjemah dan penafsir dalam memfasilitasi komunikasi lintas bahasa di seluruh dunia.

Hari Penerjemah Internasional juga merupakan momen yang tepat untuk menghargai kontribusi yang luar biasa dari para penerjemah dan penafsir dalam mendukung komunikasi global.

Penerjemah memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan berbagai budaya, mengaktifkan perdagangan internasional, mendukung diplomasi, dan menjembatani kesenjangan bahasa.

Sejarah Hari Penerjemah Internasional

Hari Penerjemah Internasional pertama kali dicanangkan oleh Federasi Asosiasi Penerjemah Internasional (International Federation of Translators/ FIT) pada tahun 1953. FIT adalah organisasi global yang mewakili para penerjemah dan penafsir dari seluruh dunia. Tanggal 30 September dipilih sebagai tanggal peringatan karena tanggal tersebut merupakan hari ulang tahun St. Hieronymus, seorang sarjana dan penerjemah kuno yang dikenal sebagai pelindung para penerjemah.

Peran Penerjemah dalam Dunia Modern

Peran penerjemah dalam dunia modern tidak bisa diabaikan. Berikut beberapa peran yang dilakukan oleh penerjemah dalam dunia modern :

Komunikasi Antarbudaya: Dalam era globalisasi, komunikasi antarbudaya sangat penting. Penerjemah memungkinkan orang dari berbagai budaya berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri, mempromosikan pemahaman dan kerjasama lintas batas.

Pasar Global: Untuk bisnis yang beroperasi di pasar global, penerjemah membantu mengatasi rintangan bahasa dan memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan dari berbagai negara.

Diplomasi Internasional: Dalam diplomasi internasional, penerjemah adalah penghubung vital antara negara-negara yang berbicara dengan berbagai bahasa. Mereka memastikan pesan dan negosiasi dapat dipahami dengan benar.