News

Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Tantangan yang Dihadapi

2
×

Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023: Sejarah, Tujuan dan Tantangan yang Dihadapi

Sebarkan artikel ini
Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)
Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Hari Penyandang Disabilitas Internasional 2023 berupa Sejarah, Tujuan dan Tantangan yang Dihadapi

Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember adalah momen penting untuk mengingat dan meningkatkan kesadaran tentang tantangan yang dihadapi oleh jutaan orang dengan disabilitas di seluruh dunia.

Peringatan ini adalah saat yang tepat untuk memahami tentang hak-hak penyandang disabilitas, upaya untuk meningkatkan inklusi, dan bagaimana semua  pihak dapat berperan dalam memastikan bahwa tidak ada yang dikesampingkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Mengingat bahwa setiap orang dengan disabilitas memiliki kebutuhan dan pengalaman yang unik sehingga penting untuk menghormati keragaman ini dan memastikan bahwa setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk hidup dengan martabat dan menjadi bagian dari masyarakat.

Penting untuk diketahui bahwa penyandang disabilitas memiliki hak-hak yang sama dengan orang lain. Konvensi PBB tentang Hak Penyandang Disabilitas, yang diterima pada tahun 2006 yaitu berupa instrumen hukum penting yang bertujuan untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak penyandang disabilitas.

Beberapa hak yang diakui dalam Konvensi ini meliputi, hak untuk hidup dengan martabat dan kebebasan, hak untuk pendidikan inklusif, hak untuk akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, hak untuk pekerjaan yang layak, hak untuk partisipasi dalam kehidupan politik dan Masyarakat, serta hak untuk kebebasan dari perlakuan yang merendahkan dan diskriminasi.

Sejarah  dan Tujuan Hari Penyandang Disabilitas Internasional

Hari Penyandang Disabilitas Internasional pertama kali dideklarasikan oleh PBB pada tahun 1992 sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu disabilitas dan mempromosikan hak-hak penyandang disabilitas.

Tanggal 3 Desember dipilih untuk merayakan hari ini untuk menghormati ulang tahun Beethoven, seorang komponis terkenal yang juga menghadapi tantangan pendengaran.

Tujuan utama dari Hari Penyandang Disabilitas Internasional adalah untuk mempromosikan inklusi sosial, ekonomi, dan politik bagi penyandang disabilitas serta mengingatkan masyarakat tentang hak-hak dasar mereka.