News

Hari Pers Nasional 2024: Sejarah, Makna dan Cara Memperingati

15
×

Hari Pers Nasional 2024: Sejarah, Makna dan Cara Memperingati

Sebarkan artikel ini
Hari Pers Nasional 2024 (Amazenesia)
Hari Pers Nasional 2024 (Amazenesia)

Kongres tersebut membahas isu tentang Hari Pers Nasional yang tercetus dari keinginan para tokoh pers dalam rangka turut memeringati kehadiran dan peran pers di Indonesia.

Hingga akhirnya, secara resmi ditetapkan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari melalui Keputusan Presiden RI No.5 Tahun 1985.

 

Makna Hari Pers Nasional

Hari Pers Nasional memiliki makna dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari Pers Nasional merupakan bentuk peringatan yang dilakukan untuk:

  • Menghargai Peran Jurnalis: Merayakan kerja keras para jurnalis dalam menyampaikan informasi, menggali fakta, dan memberikan wawasan kepada masyarakat.
  • Meningkatkan Kesadaran Publik: Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kebebasan pers dan bagaimana media berkontribusi dalam membentuk opini publik.
  • Merefleksikan Tantangan Media Modern: Merenungkan tantangan dan dinamika yang dihadapi oleh media dalam era digital, di mana informasi dapat dengan cepat disebarkan dan menghadapi risiko ketidakakuratan.
  • Mendorong Etika Jurnalistik: Mengingatkan para wartawan dan media untuk selalu menjunjung tinggi etika jurnalistik, objektivitas, dan kebenaran dalam menyajikan berita.

Cara Memperingati Hari Pers Nasional

Merayakan Hari Pers Nasional tidak hanya tanggung jawab media, tetapi juga masyarakat. Beberapa cara memperingati Hari Pers Nasional melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pihak seperti:

  • Diskusi Publik: Mengadakan diskusi atau seminar tentang peran media, tantangan yang dihadapi, dan masa depan media di Indonesia.
  • Apresiasi kepada Wartawan: Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada wartawan yang telah memberikan kontribusi positif dalam dunia jurnalisme.
  • Kampanye Literasi Media: Mengedukasi masyarakat tentang literasi media, pentingnya memilah informasi, dan cara mengenali berita palsu.
  • Mengikuti Acara Resmi: Mengikuti acara resmi yang diadakan pemerintah atau organisasi media untuk merayakan Hari Pers Nasional.

Peringatan Hari Pers Nasional adalah wujud penghargaan kepada seluruh insan pers yang berjuang untuk menyajikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi masyarakat.