News

Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2023 : Sejarah dan Tujuan Memperingati Hari Veteran Nasional

6
×

Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2023 : Sejarah dan Tujuan Memperingati Hari Veteran Nasional

Sebarkan artikel ini
Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2023 (Freepik)
Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2023 (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Veteran Nasional 10 Agustus 2023 berikut dengan Sejarah dan tujuan memperingati Hari veteran Nasional.

Tanggal 10 Agustus merupakan salah satu hari penting dalam Sejarah Nasional yaitu Memperingati Hari Veteran Nasional. Peringatan Hari Veteran Nasional dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari pemerintah dan rakyat Indonesia kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Kemerdekaan RI.

Lalu, bagaimana Sejarah dan Tujuan peringatan Hari Veteran Nasional ? Simak Informasinya berikut ini.

Peringatan Hari Veteran Nasional pertama kali ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono. Dikutip dari laman resmi Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, penetapan Hari Veteran Nasional  tanggal 10 Agustus, tercantum dalam Keputusan Presiden  (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014.

Peringatan Hari Veteran bertujuan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan Tentara Belanda. Sejarah menyebutkan bahwa pemerintah menganggap veteran Nasional turut berjasa dalam melawan penjajah Belanda yang kembali menduduki Indonesia Pasca Kemerdekaan RI.

Dikutp Amazenesia.com dari situs Wikipedia, Veteran berasal dari bahasa latin yaitu vetus, tua yang berarti adalah seseorang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer ataupun penegakan hukum.

Sementara itu, jenis veteran Republik Indonesia juga ditentukan berdasarkan peristiwa Keveteranan. Berikut tingkatan veteran di Indonesia dillansir dari situr resmi Kementerian Pertanahan Republik Indonesia :

  1. Veteran Perjuang Kemerdekaan Republik Indonesia

Terdiri dari mereka yang berjuang pada periode 17 Agustus 1945-27 Desember 1949 dengan pembagian golongan sebagai berikut :

    • Golongan A berjuang minimal 4 tahun
    • Golongan B berjuang minimal 3 tahun
    • Golongan C berjuang minimal 2 tahun
    • Golongan D berjuang minimal 1 tahun
    • Golongan E berjuang 6 bulan
  1. Veteran Pembela Trikora

Terdiri dari mereka yang berjuang pada periode 19 Desember 1961-01 Mei 1963 dengan pembagian golongan sebagai berikut :