News

HUT Kota Batam 2023: Sejarah, Makna dan Bentuk Perayaan

5
×

HUT Kota Batam 2023: Sejarah, Makna dan Bentuk Perayaan

Sebarkan artikel ini
HUT Kota Batam 2023 (Amazenesia/Wikipedia)
HUT Kota Batam 2023 (Amazenesia/Wikipedia)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai HUT Kota Batam 2023 berupa Sejarah, Makna dan Bentuk Perayaan.

Setiap kota di Indonesia memiliki sejarah dan cerita uniknya sendiri. Kota Batam, yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, adalah salah satu kota yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir.

Salah satu momen paling penting dalam kalender kota ini adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 18 Desember dalam rangka dan merayakan pencapaian serta potensi yang ada pada kota ini.

Untuk memahami arti sebenarnya dari HUT Kota Batam, pertama-tama kita perlu memahami sejarah dan asal usul kota ini. Kota Batam memiliki sejarah yang unik dan berkembang dari sebuah pulau yang pada awalnya tidak berpenghuni menjadi salah satu pusat ekonomi dan industri terbesar di Indonesia.

Asal usul nama “Batam” sendiri memiliki cerita menarik. Konon, nama ini berasal dari kata “bathah” dalam bahasa Melayu, yang berarti “terbenam.” Nama ini merujuk pada karakteristik geografis pulau Batam yang cenderung rendah dan datar. Dahulu, pulau ini hanya dihuni oleh beberapa keluarga nelayan, dan pertumbuhannya yang pesat dimulai pada tahun 1969 ketika pemerintah Indonesia mendeklarasikan Batam sebagai daerah bebas.

Pada tahun 1971, pemerintah Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) yang menetapkan Batam sebagai kawasan pembangunan ekonomi khusus. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur dan ekonomi di pulau ini. Sejak saat itu, Batam mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat dan menjadi magnet bagi investasi dan perkembangan industri.

Sejarah HUT Kota Batam

HUT Kota Batam adalah peristiwa penting yang diperingati setiap tahunnya. Perayaan ini biasanya diadakan pada tanggal 18 Desember untuk memperingati berdirinya Kota Batam dan merayakan perkembangan ekonomi dan sosial yang telah dicapai.

Sejarah perayaan HUT Kota Batam dimulai pada tanggal 18 Desember 1978, ketika Batam resmi menjadi kotamadya otonom. Sejak saat itu, setiap tahun, warga Batam merayakan kelahiran kota mereka dengan penuh semangat dan kegembiraan.