News

HUT TVRI 24 Agustus 2023 : Sejarah dan Fakta Menarik TVRI

8
×

HUT TVRI 24 Agustus 2023 : Sejarah dan Fakta Menarik TVRI

Sebarkan artikel ini
HUT TVRI 24 Agustus 2023 (Wikipedia/TVRI)
HUT TVRI 24 Agustus 2023 (Wikipedia/TVRI)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai Hari Ulang Tahun (HUT) TVRI tanggal 24 Agustus 2023 disertai dengan sejarah dan fakta menariknya.

TVRI (Televisi Republik Indonesia) merupakan saluran televisi pertama di Indonesia yang telah memainkan peran penting dalam memperkaya dunia hiburan, informasi, dan budaya di Indonesia.

TVRI memulai perjalanan siarannya pada tanggal 24 Agustus 1962, saat pembukaan Asian Games IV di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Momen ini menjadi tonggak awal dari kehadiran televisi di Indonesia. Hingga pada akhirnya tanggal 24 Agustus dijadikan sebagai hari jadi TVRI yang dirayakan setiap tahunnya.

Pada tahun 2023, TVRI merayakan perjalanan panjangnya yang telah menginjak usia ke 61 tahun. Sebagai pelopor televisi di Indonesia, TVRI telah melewati berbagai fase perubahan dan tantangan.

Ulang tahun TVRI adalah momen penting untuk mengenang jejak sejarah televisi Indonesia dan mengapresiasi perannya dalam membentuk budaya dan informasi di negara ini.

Berikut beberapa fakta menarik seputar perayaan hari ulang tahun TVRI:

  1. Ulang Tahun ke-59 pada Tahun 2021

Pada tahun 2021, TVRI merayakan hari ulang tahunnya yang ke-59. Perayaan ini turut serta menjadi saksi perubahan dan perkembangan zaman, TVRI telah bertransformasi seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pemirsa.

  1. “Mana Suka Siaran Niaga”

Salah satu momen bersejarah adalah ketika TVRI menayangkan iklan dalam satu tayangan khusus dengan judul acara “Mana Suka Siaran Niaga”. Ini adalah salah satu langkah awal dalam eksplorasi dunia iklan di layar kaca Indonesia.

  1. Jeda dalam Penyiaran Iklan

Mulai dari April 1981, TVRI tidak diperbolehkan menayangkan iklan dalam siarannya. Namun, kebijakan ini berubah pada awal dekade 2000-an dengan pengesahan Undang-Undang No. 32/2002, yang memungkinkan TVRI kembali menayangkan iklan sebagai bagian dari perubahan struktur kelembagaan.

  1. Ragam Program yang Beragam

TVRI telah menghadirkan berbagai program televisi yang mencakup berita, informasi, hiburan, olahraga, dan konten khusus untuk anak-anak. Dengan beragamnya program tersebut, TVRI telah menjadi bagian penting dalam menyediakan konten bermanfaat dan menghibur bagi masyarakat Indonesia.