News

Isra’Miraj 1445H/2024: Sejarah, Makna dan Cara Memperingati Isra’Miraj

11
×

Isra’Miraj 1445H/2024: Sejarah, Makna dan Cara Memperingati Isra’Miraj

Sebarkan artikel ini
Isra’Miraj 1445H/2024 (Amazenesia/Freepik)
Isra’Miraj 1445H/2024 (Amazenesia/Freepik)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Isra’Miraj 1445H/2024 berupa Sejarah, Makna dan Cara Memperingati

Setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender Islam, umat Muslim di seluruh dunia merayakan peristiwa luar biasa yang dikenal sebagai Isra’ Mi’raj. Tahun ini, peringatan Isra’Miraj yang bertepatan dengan tanggal 8 Februari 2024 menjadi momen sakral untuk merayakan perjalanan spiritual dan kenabian Nabi Muhammad SAW.

Isra’ Mi’raj memberikan pelajaran tentang kepemimpinan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kepemimpinan bukan hanya tentang kebijaksanaan dalam menghadapi tantangan, tetapi juga tentang ketaatan kepada perintah Tuhan. Nabi Muhammad sebagai pemimpin umat Islam menunjukkan keteladanan dalam menerima misi yang diberikan oleh Allah SWT.

Salah satu aspek terpenting dari peristiwa Isra’ Mi’raj adalah pemberian perintah salat kepada umat Islam. Lima waktu salat yang ditetapkan pada malam itu menjadi pondasi spiritual bagi kehidupan umat Muslim. Salat bukan hanya ritual ibadah, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kesadaran spiritual, mengingat Allah, dan memperkuat ikatan dengan Sang Pencipta.

Sejarah Isra’ Mi’raj

Isra’ Mi’raj, atau perjalanan malam Nabi Muhammad SAW, merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun ke-10 kenabian. Pada malam itu, Nabi Muhammad dibawa oleh Jibril dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, lalu diterbangkan melintasi tujuh langit hingga mencapai Sidratul Muntaha, tempat tertinggi di alam semesta. Di sana, Nabi Muhammad mendapatkan perintah salat lima waktu dari Allah SWT.

Isra’ Mi’raj memaparkan perjalanan spiritual yang mengajarkan umat Muslim tentang kedekatan dan hubungan yang erat dengan Sang Pencipta. Melalui pengalaman ini, Nabi Muhammad diberikan tanggung jawab besar untuk menyebarkan ajaran Islam dan melaksanakan perintah Allah.

Pesan ini mencerminkan pentingnya menjalin ikatan batin dengan Tuhan, merenungkan tugas kehidupan, serta memahami tanggung jawab moral sebagai umat Muslim.

Makna Isra’Miraj

Meskipun umat Muslim mungkin berada di berbagai belahan dunia, peringatan Hari Isra’ Mi’raj menjadi pengingat akan persatuan umat Islam dalam menjalankan ajaran agama.