Tech

Langkah-Langkah Memartisi Hardisk di Windows 11

0
×

Langkah-Langkah Memartisi Hardisk di Windows 11

Sebarkan artikel ini
Langkah-Langkah Memartisi Hardisk di Windows 11 (Freepik)
Langkah-Langkah Memartisi Hardisk di Windows 11 (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut adalah Langkah-Langkah Memartisi Hardisk di Windows 11.

Memartisi hardisk pada sistem operasi Windows 11 adalah proses yang memungkinkan Anda untuk membagi ruang penyimpanan hardisk menjadi beberapa bagian yang terpisah.

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda memahami cara memartisi hardisk di Windows 11:

  1. Klik Kanan Ikon Tombol Start

Mulailah dengan mengklik kanan ikon tombol Start di pojok kiri bawah layar Windows 11.

  1. Pilih Disk Management

Setelah mengklik kanan ikon tombol Start, pilih opsi “Disk Management” dari menu yang muncul. Jika Anda tidak menemukannya di menu, Anda juga bisa menggunakan tombol pencarian dengan mengetikkan “diskmgmt.msc” dan membukanya.

  1. Klik Kanan Bagian Tidak Terisi Pada Hardisk

Di jendela Disk Management, Anda akan melihat daftar hardisk dan partisi yang ada. Klik kanan pada bagian yang tidak terisi pada hardisk yang ingin Anda partisi.

  1. Pilih “New Simple Volume”

Setelah mengklik kanan pada bagian tidak terisi, pilih opsi “New Simple Volume” dari menu konteks yang muncul. Ini akan membuka “New Simple Volume Wizard.”

  1. Ikuti Petunjuk pada Layar

Di “New Simple Volume Wizard,” ikuti petunjuk pada layar. Anda akan diminta untuk memilih ukuran volume yang ingin Anda buat. Anda dapat memilih ukuran tertentu atau menerima ukuran default maksimum yang ditawarkan oleh sistem.

  1. Konfirmasi dan Tersisa Ruang yang Tidak Terisi

Jika ukuran volume yang Anda buat tidak mencapai ukuran default maksimum, ruang yang tersisa akan tetap menjadi wilayah yang tidak terisi pada hardisk Anda. Pastikan untuk mengonfirmasi ukuran yang telah Anda pilih.

  1. Selesai dan Gunakan

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, partisi hardisk baru akan terbentuk. Anda dapat melihatnya di jendela Disk Management. Partisi ini sekarang siap digunakan untuk menyimpan data.

Penting: Lakukan Backup Data Penting

Sebelum mempartisi hardisk, sangat disarankan untuk melakukan backup data penting yang ada pada hardisk Anda. Proses partisi dapat menyebabkan kehilangan data jika tidak dilakukan dengan benar. Dengan melakukan backup, Anda akan memiliki salinan data penting jika terjadi hal yang tidak diinginkan.