Tech

Langkah-langkah Membuat Website dengan WordPress di Hosting Berbayar (Self-Hosted)

1
×

Langkah-langkah Membuat Website dengan WordPress di Hosting Berbayar (Self-Hosted)

Sebarkan artikel ini
Membuat Website dengan WordPress (Unsplash)
Membuat Website dengan WordPress (Unsplash)

Amazenesia.com – Berikut ini adalah informasi mengenai Langkah-langkah Membuat Website dengan WordPress di Hosting Berbayar (Self-Hosted).

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) gratis dan open-source yang digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog. WordPress telah digunakan oleh lebih dari 40% situs web di seluruh dunia.

Awalnya WordPress hanya digunakan sebagai platform blogging, namun dengan seiringnya waktu  Wordpress berkembang menjadi aplikasi Content Management System (CMS) yang dapat digunakan untuk berbagai jenis website, seperti website bisnis, toko online, dan lainnya.

Terdapat 2 jenis WordPress, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.org (self-hosted) adalah Jenis WordPress yang biasanya digunakan oleh para web developer yang memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman dan menggunakan hosting sendiri. Dengan WordPress.org, Anda memiliki kendali penuh atas website Anda, termasuk pemilihan tema, penggunaan plugin, dan kustomisasi yang lebih luas.

Sedangkan WordPress.com (web-hosted) adalah Jenis WordPress yang lebih mudah dipahami oleh pemula dan orang awam. Anda dapat membuat website dengan WordPress.com tanpa harus memiliki hosting sendiri. Namun, ada keterbatasan dalam hal kustomisasi dan fungsionalitas dibandingkan dengan WordPress.org

Agar anda dapat melakukan kustomisasi yang lebih luas pada website anda, di artikel ini kami akan menjelaskan langkah-langkah membuat Website dengan WordPress.org di hosting berbayar (self-hosted) yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih paket hosting WordPress: Cari penyedia hosting yang menawarkan paket hosting WordPress. Anda perlu memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan Budget Anda.
  2. Daftarkan domain: Setelah memilih paket hosting, Anda perlu mendaftarkan domain untuk website Anda. Anda dapat memilih domain yang relevan dengan bisnis atau topik website Anda.
  3. Instal WordPress: Setelah mendaftar dan membeli paket hosting, Anda akan mendapatkan akses ke panel kontrol hosting. Di sini, Anda dapat menginstal WordPress dengan mudah melalui fitur auto-installer atau menggunakan metode manual.
  4. Konfigurasi WordPress: Setelah menginstal WordPress, Anda perlu mengkonfigurasi pengaturan dasar seperti judul website, deskripsi, dan pengaturan lainnya. Anda juga dapat mengubah tema dan menambahkan plugin sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Buat halaman dan posting: Setelah selesai melakukan konfigurasi dasar pada website, Anda dapat mulai membuat halaman dan postingan pada website. Anda dapat mengatur struktur halaman, menambahkan konten, dan mengatur tampilan dengan menggunakan tema yang telah dipilih.
  6. Kustomisasi website: Pada langkah ini, Anda dapat melakukan kustomisasi lebih lanjut pada website Anda. Anda dapat mengubah tata letak, warna, font, dan elemen desain lainnya sesuai dengan preferensi Anda.
  7. Tambahkan plugin: WordPress memiliki banyak plugin yang dapat meningkatkan fungsionalitas website Anda. Anda dapat menambahkan plugin untuk meningkatkan keamanan, SEO, analitik, formulir kontak, dan plugin lainnya.
  8. Periksa dan uji website: Sebelum meluncurkan website Anda, pastikan untuk memeriksa dan menguji semua halaman, posting, dan fitur yang telah Anda tambahkan. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tampilan website Anda sesuai dengan yang diharapkan.
  9. Terbitkan website Anda: Setelah melakukan semua langkah di atas, Anda dapat menerbitkan website Anda dengan mengaktifkan domain dan mengarahkannya ke hosting Anda. Website Anda sekarang dapat diakses oleh pengunjung.

Itulah langkah-langkah untuk membuat website di WordPress dengan hosting berbayar. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dari penyedia hosting Anda dan memanfaatkan fitur dan layanan yang mereka sediakan untuk memaksimalkan website Anda.