Health

Manfaat hingga Bentuk Dukungan dalam Pemberian ASI Untuk Ibu dan Bayi

1
×

Manfaat hingga Bentuk Dukungan dalam Pemberian ASI Untuk Ibu dan Bayi

Sebarkan artikel ini
Manfaat hingga Bentuk Dukungan dalam Pemberian ASI Untuk Ibu dan Bayi (Freepik)
Manfaat hingga Bentuk Dukungan dalam Pemberian ASI Untuk Ibu dan Bayi (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut informasi mengenai manfaat hingga bentuk dukungan dalam pemberian ASI untuk ibu dan bayi. Simak yuk

Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan istimewa yang diproduksi oleh tubuh seorang ibu setelah melahirkan. Selama berabad-abad, ASI telah diakui sebagai nutrisi terbaik bagi bayi dan memiliki manfaat yang tak tergantikan untuk perkembangan fisik, mental, dan emosional bayi.

Proses produksi ASI dimulai selama kehamilan, tetapi produksi yang sebenarnya dimulai setelah melahirkan. Hormon prolaktin merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI. Setelah bayi lahir, hormon oksitosin memicu pelepasan ASI saat bayi menyusui.

Dengan memahami pentingnya ASI dan manfaat yang diberikannya, ibu dapat memilih untuk memberikan hadiah terindah bagi bayi mereka, yaitu ASI yang bernutrisi tinggi dan penuh cinta.

ASI adalah keajaiban proses kehamilan yang memberikan manfaat yang luar biasa bagi bayi dan ibu. Manfaat ASI bagi bayi, yang pertama yaitu  ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh  untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

ASI juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam proporsi yang tepat sehingga dapat membantu dalam mengoptimalkan pertumbuhkan.

Kedua, ASI mengandung antibodi dan faktor kekebalan alami yang membantu melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

Ketiga, ASI mengandung DHA (asam lemak omega-3) yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi. T

Terakhir, Kandungan imunoglobulin dalam ASI membantu membangun sistem imun bayi yang lebih kuat.

Sementara itu, manfaat ASI bagi ibu diantaranya adalah pertama, untuk pemulihan pasca melahirkan karena  menyusui membantu uterus berkontraksi dan kembali ke ukuran normal lebih cepat setelah melahirkan.

Kedua, Menyusui dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium pada ibu. Ketiga, menyusui dapat membantu memperkuat ikatan emosional antara ibu dan bayi serta membantu dalam membakar kalori tambahan dan membantu ibu kembali ke berat badan sebelum kehamilan.