Lifestyle

Married Life : 4 Cara Menghindari Perdebatan yang Ternyata Tidak Diperbolehkan ! Nomor 2 Sering disebut Perang Dingin

1
×

Married Life : 4 Cara Menghindari Perdebatan yang Ternyata Tidak Diperbolehkan ! Nomor 2 Sering disebut Perang Dingin

Sebarkan artikel ini
4 Cara Menghindari Perdebatan (Freepik)

Amazenesia.com – Berikut adalah 4 Cara Menghindari Perdebatan yang Ternyata Tidak Diperbolehkan.

Dunia pernikahan adalah dunia di antara dua orang manusia yang sudah saling berkomitmen untuk bersama dalam jangka waktu selamanya. Dialah, laki-laki dan perempuan yang masing-masing mengemban peran sebagai suami dan istri.

Dalam dunia pernikahan, ada kalanya permasalahan datang membuat keduanya dilanda ketakutan, kegelisahan, kekecewaan bahkan kemarahan. Permasalahan yang datang biasanya diawali dengan sebuah perdebatan yang biasanya diwarnai oleh ketegangan emosi dan mengucapkan kata-kata yang dapat melukai perasaan salah satu atau bahkan keduanya.

Ketika terjadi perdebatan, ada 4 cara yang biasanya digunakan oleh laki-laki atau perempuan dengan tujuan untuk memperoleh kemenangan dalam perdebatan.

Dilansir Amazenesia.com dari buku Psikologi Suami Istri, Otto Sukatno (2018) keempat cara tersebut sebaiknya tidak digunakan pada saat terjadi perdebatan.

Apa saja 4 cara itu? Simak uraiannya berikut ini.

  1. Bertengkar

Cara ini biasanya dilakukan oleh laki-laki saat diskusi yang awalnya tenang dan penuh kasih sayang berubah menjadi tajam sehingga membuat keadaan menjadi memanas. Ada sebagian laki-laki yang menggunakan cara baru dengan mulai bersuara keras, intonasi suara dan cara bicara yang berubah serta menyerang perasaan secara tiba-tiba, yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa dirinya benar dan perempuan yang lalai dan salah.

Ketika laki-laki melihat perempuan menarik diri, bersantai dan berhenti berbicara, ketika itulah laki-laki merasa telah memperoleh kemenangan. Padahal, jika hal ini selalu terjadi bukan tidak mungkin jika perasaan cinta dan kasih sayang pada akhirnya tidak lagi memiliki tempat di hati laki-laki, melainkan digantikan oleh kemarahan, emosi, serangan dan pembelaan diri. Lama kelamaan hal ini akan membuat keduanya semakin menjauh.

  1. Berdiam Diri

Cara kedua ini juga biasanya dilakukan oleh laki-laki.  Keadaan ini menyerupai seperti halnya perang dingin yang dimana laki-laki memilih untuk tetap diam sehingga perempuan juga memilih untuk diam sehingga pada akhirnya permasalahan akan tetap menggantung.