Edukasi

Materi TWK Nasionalisme Terbaru 2023, Lengkap dengan Pembahasan

26
×

Materi TWK Nasionalisme Terbaru 2023, Lengkap dengan Pembahasan

Sebarkan artikel ini
Materi Tes Wawasan Kebangsaan (Freepik)
Materi Tes Wawasan Kebangsaan (Freepik)

Amazenesia.com – Artikel ini membahas materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terbaru tahun 2023 berupa pengertian, sejarah dan tantangan perkembangan Nasionalisme di Indonesia.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan salah satu dari materi seleksi kompetensi dasar pada beberapa bidang tes seperti tes BUMN, CPNS dan PPPK. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) membahas beberapa isu penting dalam kaitannya dengan kebangsaan, salah satunya adalah Nasionalisme.

Materi Nasionalisme yang diujikan bertujuan untuk mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

Secara etimologi, Nasionalisme berasal dari kata “nasional” dan “isme”, yang berarti suatu paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air.

Nasionalisme diklasifikan ke dalam 5 jenis yaitu sebagai berikut :

  1. Nasionalisme Humaniter

Nasionalisme yang berdasarkan pada pandangan bahwa setiap bangsa berhak memperjuangkan kesejahteraan bangsanya berdasarkan caranya sendiri.

  1. Nasionalisme Yacobin

Nasionalisme yang demokratis, namun doktriner dan fanatic terhadap bangsa lain.

  1. Nasionalisme Tradisional

Nasionalisme yang menekankan pada keunikan setiap bangsa serta mempertahankan tradisi dan sejarahnya.

  1. Nasionalisme Liberal

Nasionalisme yang menekankan pada pentingnya dunia berpegang pada prinsip bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasibnya sendiri.

  1. Nasionalisme Integral

Nasionalisme yang menekankan pada kepentingan nasional di atas kepentingan individu sehingga semua warga negara harus sepenuhnya setia kepada negara.

Selanjutnya, dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan nasionalisme di Indonesia, terdapat 3 titik sejarah penting yaitu :

  1. Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Oetomo, yang merupakan titik lahirnya ide atau gagasan tentang nasionalisme Indonesia.

  1. Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan ikrar atau perjanjian yang dilakukan dalam rangka mewujudkan nasionalisme dalam ikatan satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa persatuan.

  1. Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah sebuah pernyataan nasionalisme sebagai bangsa yang merdeka, berdaulat dan bersatu dalam wadah negara Nasional yang bernama Republik Indonesia.