Lifestyle

Mengenal Diet Keto, Cara Kerja hingga Manfaat yang Didapatkan

4
×

Mengenal Diet Keto, Cara Kerja hingga Manfaat yang Didapatkan

Sebarkan artikel ini
Trik Diet Paling Efektif Menurut Penelitian (Unsplash)
Trik Diet Paling Efektif Menurut Penelitian (Unsplash)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Diet Keto, dari Cara Kerja hingga Manfaat yang Didapatkan

Diet keto, atau ketogenic, telah menjadi salah satu topik yang mendominasi dunia kesehatan dan kebugaran dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun pada awalnya diperkenalkan sebagai terapi untuk mengatasi masalah epilepsi, diet keto kini menarik perhatian banyak orang yang mencari cara efektif untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Diet keto adalah pola makan rendah karbohidrat tinggi lemak yang dirancang untuk memicu tubuh masuk ke dalam keadaan ketosis. Ketosis adalah kondisi di mana tubuh mulai membakar lemak sebagai sumber energi utama karena pasokan karbohidrat yang biasanya diolah untuk energi telah dikurangi secara signifikan.

Dalam keadaan ketosis, tubuh memproduksi senyawa kimia yang disebut keton dari lemak, yang kemudian digunakan sebagai bahan bakar.

Bagaimana Diet Keto Bekerja?

Dalam kondisi normal, tubuh mengonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi utama. Namun, dalam diet keto, konsumsi karbohidrat sangat dibatasi, sekitar 20-50 gram per hari. Ini memaksa tubuh untuk mencari sumber energi alternatif, yaitu lemak. Dengan rendahnya karbohidrat, tubuh memasuki ketosis, di mana lemak dipecah menjadi keton untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Diet keto juga mempertahankan asupan protein sedang dan meningkatkan konsumsi lemak. Lemak seharusnya menyumbang sekitar 70-75% dari total asupan kalori harian, sementara protein sekitar 20-25%. Dengan demikian, diet keto memodifikasi proporsi nutrisi tradisional untuk memaksimalkan pembakaran lemak dan meminimalkan penggunaan karbohidrat.

Manfaat Diet Keto

Menurunkan Berat Badan

Salah satu alasan utama orang memilih diet keto adalah untuk menurunkan berat badan. Dengan mengubah metabolisme tubuh menjadi pembakar lemak, diet ini dapat membantu orang mencapai penurunan berat badan yang signifikan. Pengurangan karbohidrat juga dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh yang disimpan, memberikan efek penurunan berat badan cepat pada awalnya.