Edukasi

OSN-K 2024: Jadwal, Tahapan dan Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024

55
×

OSN-K 2024: Jadwal, Tahapan dan Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024

Sebarkan artikel ini
OSN-K 2024: Jadwal, Tahapan dan Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024 (Amazenesia/Kemdikbud)
OSN-K 2024: Jadwal, Tahapan dan Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024 (Amazenesia/Kemdikbud)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai OSN-K 2024 berupa Jadwal, Tahapan dan Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024.

OSN atau Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA merupakan ajang talenta di bidang Sains, dengan peserta didik yang berasal dari SMA/MA/Sederajat. Penyelenggaraan OSN  yang dimulai dari tingkat daerah hingga nasional, bertujuan untuk menjaring peserta terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pelaksanaan OSN, dilatarbelakangi oleh upaya Pemerintah melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal ini selaras dengan tujuan utama dari pelaksanaan OSN yang diantaranya adalah mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertelanta serta berkarakter, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Cabang lomba yang diikutsertakan dalam OSN tingkat SMA yaitu Matematika, Fisika, Kima, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Pelaksanaan OSN juga dilaksanakan secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah (OSN-S), kabupaten/kota (OSN-K), tingkat provinsi (OSN-P) hingga ke tingkat nasional (OSN).

Jadwal OSN K-SMA 2024

OSN-K merupakan tahapan OSN yang dilaksanakan pada tingkat kabupaten atau kota, dengan penanggung jawab dari BPTI dan Dinas Pendidikan Provinsi. Sumber dana yang digunakan pada OSN-K yaitu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Anggaran Sekolah, Komite Sekolah, sponsor dan/atau dana lain yang tidak mengikat.

OSN tingkat kabupaten/kota dijadwalkan pada tanggal 25-27 Maret 2024, dengan terlebih dahulu disosialisasikan pada pekan ke-3 bulan Februari 2024.

Tahapan Seleksi OSN-K SMA 2024

Berikut ini tahapan seleksi OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) jenjang SMA:

  • Peserta OSN-K adalah peserta didik kelas VIII (cabang tertentu) sampai kelas XI yang sudah lolos seleksi OSN-S, dan memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh masing-masing bidang lomba sains;
  • Satuan pendidikan berhak mengirimkan peserta didik terbaik hasil OSN-S dengan jumlah maksimal 5 peserta per bidang lomba;
  • Pelaksanaan OSN-K dilakukan secara serentak pada waktu yang ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia;
  • Pelaksanaan OSN-K menggunakan soal dan kunci jawaban beserta kriteria penilaian yang disusun oleh Tim Juri OSN;
  • Penilaian dan penyeleksian peserta OSN-K dilakukan oleh Tim Juri OSN yang dipilih dan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia;
  • Hasil penilaian dan seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  • Penetapan dan Publikasi hasil OSN-K dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi berdasarkan hasil penilaian Tim Juri OSN yang dikeluarkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia;
  • Balai Pengembangan Talenta Indonesia mendorong inisiatif Dinas Pendidikan Provinsi untuk memberikan apresiasi bagi peserta didik berprestasi di daerahnya.

Cara Mendaftar OSN-K SMA 2024