News

Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 beserta Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan

6
×

Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 beserta Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebarkan artikel ini
Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 (Amazenesia/BKN.GO.ID)
Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 (Amazenesia/BKN.GO.ID)

Amazenesia.com- Berikut informasi mengenai Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 beserta Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan.

Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2023 saat ini telah memasuki tahapan pengumuman kelulusan yang dijadwalkan pada tanggal 6 hingga 15 Desember 2023. Bagi para peserta yang dinyatakan lulus, maka tahapan yang akan dilewati selanjutnya adalah pengisian DRH NI PPPK yang dijadwalkan pada tanggal 16 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024.

Lalu, apa itu DRH NI PPPK? DRH NI merupakan dokumen yang berisi informasi mengenai identitas, Pendidikan, pengalaman kerja, prestasi serta data lainnya yang memiliki keterkaitan dengan kualifikasi PPPK. DRH NI menjadi dasar bagi para peserta PPPK yang lolos, untuk pengusulan dan penerbitan Nomor Induk Pegawai atau NIP PPPK 2023.

Pengisian DRH NI PPPK 2023 dapat dilakukan secara mandiri dan online melalui akun SSCASN masing-masing peserta dengan tetap memperhatikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Berikut sejumlah data dan dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi DRH NI PPPK 2023:

  • Data diri sesuai dengan KTP
  • Alamat domisili
  • Ijazah
  • Data Pendidikan serta kursus yang diikuti
  • Riwayat pekerjaan, penghargaan dan prestasi
  • Data diri orang tua (ayah dan ibu), saudara kandung, pasangan, anak hingga mertua
  • Riwayat organisasi yang pernah diikuti oleh peserta (jika ada)

Setelah melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan, maka Langkah selanjutnya adalah pastikan bahwa peserta telah memiliki akun di SSCASN BKN. Kemudian, Langkah yang dapat dilakukan untuk memulai pengisian DRH NI PPPK 2023 adalah:

  1. Login dengan cara memasukkan NIK serta password di kolom yang tersedia
  2. Setelah masuk akun pada halaman awal, akan muncul notifikasi pengumuman lulus PPPK. Selanjutnya, akan muncul tulisan “Apakah Anda ingin melanjutkan pengisian daftar Riwayat hidup dan pemberkasan CASN?”
  3. Untuk melanjutkan pemberkasan, klik “Ya”
  4. Isi DRH NI PPPK yang telah disediakan
  5. Terakhir, submit DRH (Daftar Riwayat Hidup) tersebut untuk melaporkan hasilnya

Pada pengisian DRH NI PPPK, terdapat beberapa tahapan yang merujuk pada Buku Petunjuk Teknis Pengisian Daftar Riwayat Hidup CASN 2022 Badan Kepegawaian Negara. Berikut tahapannya:

  1. Tahap pertama, mengisi data diri meliputi biodata, alamat domisili, informasi pribadi lainnya seperti termasuk kolom “ Hobi” serta data-data yang harus ditulis tangan.
  2. Tahap kedua, melengkapi data Pendidikan serta kursus yang pernah diikuti, dengan kategori Pendidikan yang otomatis akan muncul adalah mulai jenjang SD, SMP, SMA/SMK.
  3. Tahap ketiga, melengkapi kolom terkait riwayat pekerjaan, penghargaan dan prestasi yang pernah diraih.
  4. Tahap keempat, mengisi riwayat keluarga berupa data diri seluruh anggota keluarga, mulai dari ayah, ibu, saudara kandung, anak, pasangan, hingga mertua.
  5. Tahap kelima, berupa pengisian riwayat organisasi yang pernah diikuti oleh peserta (jika ada)
  6. Tahap keenam, melakukan proses pengunggahan dokumen DRH yang sudah diisi sebelumnya ke dalam system SSCASN.
  7. Terakhir, yang perlu diingat adalah peserta wajib melakukan dua kali cetak DRH yang telah diisi sebelumnya.

Demikianlah Panduan Pengisian DRH NI PPPK 2023 beserta Kelengkapan Dokumen yang Dibutuhkan. Semoga bermanfaat!